nhk

MotoGP2015 Sepang Tes Michelin: Kecelakaan Berseri, M1 Lorenzo Hancur Separuh

 

ManiakMotor – Dasar pembalap, maunya gaspol terus padahal pakai ban yang belum dihapal betul tipikalnya. Akibatnya, empat epmbalap MotoGP alami kecelakaan high side dalm tes khusus Michelin di Sepang, Kamis (26/2).

Ini tes untuk meramu informasi agar Michelin bisa memasok ban dengan kompon dan pattern yang sesuai untuk musim 2016. Saat itu pabrikan Prancis itu menggantikan posisi Bridgestone selaku pemasok tunggal ban MotoGP. Dari semua rider yang ikut tes, hanya Valentino Rossi, Nicky Hayden, Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa dan Andrea Dovizioso yang pernah mencicipi Michelin saat balapan. Itu pun dulu, saat Michelin masih main di MotoGP hinga akhir musim 2008.

Karena itu mereka semua diwanti-wanti waspada karena ini kali pertama Michelin diuji oleh rider pabrikan. Apalagi ban yang digunakan berdiameter 17 inci. Pastilah motor lebih limbung. Titik gravitasinya berbeda dengan yang 16.5 inci. Maka disebutkan, tikungan yang layak diwaspadai adalah R5 karena di situlah terjadi sejumlah kecelakaan kala tes dilakukan para test rider.

Tapi, itu tadi coy, namanya pembalap memang kudu kencang. Kalau pelan, namanya ojek hehehe. Semua mau gaspol. Akibatnya terjadi sejumlah insiden. Yang paling parah  dialami Lorenzo. M1 tunggangannya sampai hancur…cur…sehingga terlihat hanya sisa separuh. Eh di saat sama, wartawan malah berebut memotret mesin dengan girboks terbaru itu. Maklum saat fairing dan tangki copot, mesin memang enak difoto. Kesempatan menengok onderdil yang dirahasiakan.

  Kecelakaan lainnya melanda Aleix Espargaro (Suzuki), Andrea Dovizioso (Ducati), dan Jack Miller (LCR Honda). Untungnya semua pembalap selamat, hanya tunggangan yang babak-belur. Pasti juga baju balap mereka lecet-lecet.

Dalam tes ini pembalap dilarang berkomentar soal tes karena ndak enak kalau ada yang membandingkan Michelin dengan Bridgestone. Nggak ada pula catatan waktu resmi, karenanya masing-masing tim ngurus catatan masing-masing. Tapi, dasar wartawan, ada saja cara untuk ngintip timing Rossi, Marc Marquez, dan lain-lain. Seberapa cepat, tunggulah. Andro

BACA JUGA

MotoGP2015 Sepang (Tes Michelin): Set-Up Tak Klop, Penyebab Kecelakaan Lorenzo Cs

MotoGP2015 Sepang Tes Michelin: M1 Lorenzo Hancur, Berebut Foto Full SSG

MotoGP 2015 Pasca Test Sepang2: Crutchlow Tak Hanya Bacot, Ada Bukti Tercepat Ke-3

MotoGP 2015 Tes Sepang2: Belum Puas GP15, Gigi Bawa GP14,3 ke Qatar, Pembalapnya Ogah?

MotoGP 2015 Tes Sepang2: Simulasi 19 Laps Semua Oke, Marquez Tak Punya PR Lagi

MotoGP 2015 Tes Sepang2: Lorenzo Bikin Rekor Pribadi, Merasa Full SSG Belum Tokcer

BAGIKAN