nhk

MotoGP2015 Sepang (Tes Michelin): Set-Up Tak Klop, Penyebab Kecelakaan Lorenzo Cs

ManiakMotor – Kecelakaan berantai model highside terjadi di R3 dan R5 Sirkuit Sepang dalam tes Michelin, Kamis 25 Februari. Pihak Michelin bilang kemungkinan karena keseimbangan roda depan dan belakang belum mantap. Ya termasuk gripnya deh, kan ban baru.

Hal itu disampaikan Direktur Teknik Michelin Nicolas Goubert menanggapi 4 kecelakaan fatal di area tikungan tadi. Khususnya di R3, ia sebut kecelakaan terjadi karena pembalap terlalu dini buka selongsong gas keluar tikungan padahal keseimbangan ban depan dengan belakang belum selaras.

“Anda mungkin selalu dengar perlunya kerjasama ban depan dan belakang pada balap mobil. Di balap motor pun hal itu menjadi sebuah tuntutan. Saya menduga pembalap membuka gas terlalu dini untuk ambil keuntungan dengan pergerakan roda belakang. Sayangnya, roda depan belum siap karena buka gas terlalu cepat,” katanya.

Ketidakseimbangan itu, katanya, sebenarnya bisa dicegah jika para pabrikan punya set-up yang klop. Sayangnya, semua tim tak punya waktu untuk siapkan setingan khusus pada hari ini. “Jadi, isunya bukan soal ban semata. Beberapa pembalap yang tidak celaka mengatakan memang mereka tak bisa memaksimalkan ban belakang untuk bermanuver karena ban depan belum bisa mengimbangi. Ini juga berkaitan dengan setingan. Tapi, oke, semua ini jadi bekal untuk tes selanjutnya dengan para test rider,” tandasnya.

Ya iyalah bos settingan dari kamu dan settingan motor itu sendiri. Sebab motor yang digunakan sekarang titik gravitasinya untuk ban Bridgestone yang 16.5 inci. Sementara ban kamu, ya Michelin itu, lebih besar lingkarannya atau  17 inci. Nah dari situ saja butuh penyesuaian set-up. Jadi, ya Michelin dan tim memang harus berbenah masing-masing. Makanya dibutuhkan test seperti yang berlangsung di Sepang. Husss jangan ngajari ikan berenang, bro. Andro

BACA JUGA

MotoGP2015 Sepang Tes Michelin: M1 Lorenzo Hancur, Berebut Foto Full SSG

MotoGP2015 Sepang Tes Michelin: Kecelakaan Berseri, M1 Lorenzo Hancur Separuh

MotoGP 2015 Pasca Test Sepang2: Crutchlow Tak Hanya Bacot, Ada Bukti Tercepat Ke-3

MotoGP 2015 Tes Sepang2: Belum Puas GP15, Gigi Bawa GP14,3 ke Qatar, Pembalapnya Ogah?

 

 

 

BAGIKAN