nhk

MotoGP2016: Mesin Kian Lembut, Ducati 2017 Mulai Gampang Diajak Belok

Ducati GP17 test Valencia

 

ManiakMotor – Andrea  Dovizioso menutup tes Valencia di posisi 3 Besar dengan besutan Desmosedici GP17. Joki anyar Jorge Lorenzo pakai GP16 dan berada di posisi 5 tercepat. Tapi, itu belum gambarkan performa utuh pabrikan Italia itu. Tim pabrikan Italia ini sudah pasti mengunggulkan Lorenzo!

Tampil dengan paket lengkap GP17, catatan waktu Dovi belum bisa disebut murni karena motor itu masih ditempeli winglet pada fairing-nya. Peranti aerodinamika itu sudah dilarang pakai musim 2017.Karena itu masih ada pertanyaan, macam mana nanti Si Desmo dilepas susunan sayapnya?

“Meski sudah dilarang, kami tetap pakai winglet untuk menguji sasis baru.Di luar itu, semua area terasa membaik dibandingkan spek 2016,” ucapDovi yang sudah 4 musim berjibaku dan ikut membangun Desmosedici.

Ia bersaksi, tenaga GP17 bisa dikontrol dari pada GP16, tanpa menghilangkan keunggulannya di  trek lurus. Intinya power direkayasa jangan menganggu dorongan Ducati ti tikungan. “Meski mesin semakin lembut, speed masih terjaga. Saat belok mulai lebih nyaman dan masih bisa ditingkatkan, terutama saat motor harus  berubah arah dengan cepat,” ujar Dovi.

Bagaimana dengan daya tahan Ducati, yang biasanya jaya di single lap tapi keteteran pada raceday? Mantan joki Repsol Honda dan Yamaha Tech3 ini mengakui area tersebut menjadi salah satu PR tim pada sesi tes berikutnya di Jerez. Di Valencia sudah oprek-oprek suspensi Ohlins dan swing arm, selanjutnya di Jerez tinggal mensinerjikannya dengan ban pasokan Michelin. Andro