nhk

Motoprix 2013 Malang QTT MP2 (110 cc), Untung Ada Zaki..!

 

ManiakMotor – Hampir saja goooool, salah. Maklum GOR Kanjuruhan, Kepanjen, Malang, Jatim yang biasa dipakai untuk sepak bola. Tapi kali ini pelataran parkirnya untuk seri 3 MotoPrix Region Jawa yang hampir saja QTT kembali direbut Willy Hamer dari Honda Rinjani  NHK Kawahara. Untung saja ditepis M. Zaki di saat-saat terakhir pada sesi yang berlangsung 4 Mei 2013 itu.

Zaki seperti penjaga gawang dan sekaligus menyelamatkan muka tuan rumah atau Jatim. Zaki yang berasal dari Bondowoso itu, cukup taktis agar lebih cepat. “Saya paham karakter sirkuit ini, karena sudah 2 kali bertanding di sini. Tapi besok tetap waspada, karena Willy dan timnya pasti berbenah,” kata M. Zaki yang membela tim Yamaha Yamalube FDR KYT Trijaya, setelah QTT.

Ini bergengsi, duel antar pabrikan, Yamaha vs Honda. Catatan waktu Zaki sebagai pole 44,758 detik dan  Willy 44,795 detik. Selisih 0,037 detik. Itu dekat, semoga saja saat race tetap seperti itu.Karakter sirkuitnya rolling, maka rasio gigi 2 dan 4 dibikin lebih panjang ketimbang seri 2 di Purwokerto,” bilang Mlethis, mekaniknya Zaki

Maklum, usai tikungan motor tetap melaju, makanya butuh napas yang panjang dengan rasio yang berat. Di sirkuit Kanjuruhan ini, mesin jarang drop sampai rpmnya mentok. Bahkan masih harus didukung final gear 13/39 yang termasuk berat untuk ukuran trek dadakan. Bandikan saja saat seri 2 pakai 13/41.Lihat besok, sekarang spuyer saya ‘cekek’ supaya kering dengan 35 pilot-jet dan 180 main-jet. Kalau besok terik bangat, saya hanya menaikkan main-jet-nya, karena motor selalu bermain di atas,” tambah Mlethis seperti ingin peragakkan cara cekek spuyer pada leher reporter. Waduh, waduh, jangan dong.

Berarti pasukan  tim Honda Rinjani sebaliknya. Itu nama timnya Willy Palu, eh Hammer tadi. “Ya itu menuju speed 100 kurang cepat dari pada motor Zaki. Mungkin kompresinya kerendahan, jadi menuju putaran atas rada lambat. Pokoknya periksa dulu, apakah mengorbankan kompresi atau  pakai rasio ringan, itu saja logika settingnya,” analisa Rudianto, mekanik Willy khusus MP2.

Ya sudah, semoga besok duel Honda dan Yamaha terjadi di Malang. Adib

BERITA TERKAIT:

Hasil MotoPrix Malang, Jatim, 4 – 5 Mei 2013

MotoPrix 2013 Malang QTT; MP1 (125 cc) Ceritanya Willy Hammer

MotoPrix 2013 Seri 3 Malang, Sirkuit Dadakan Yang Macan Coy

MotoPrix 2013 Jelang Malang; Poin Masih Acak, Hati-Hati Dengan Tuan Rumah

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353