nhk

MotoPrix 2013 Purwokerto; QTT MP1, Dicaplok Tammy Pratama

 

ManiakMotorDiprediksi akan memberi bukti, ternyata bukan janji. Memang, yes! Itulah Tammy Pratama, bahwa dirinya layak disebut rookie MotoPrix Region Jawa 2013. Pembalap yang  memperkuat Yamaha Yamahalube FDR SND tersebut, tercepat dalam Qualifying Time Trial (QTT) MP1 alias bebek tuneup 125 cc 4tak seeded, 20 April 2013 di sirkuit GOR Satria Purwokerto, Jawa tengah. Tammy yang berusia 19 tahun membukukan waktu 46.689 detik, lebih unggul sepersekian detik dari Agus Setyawan (Yamaha Yamahalube TDR FDR NHK Yonk Jaya) dengan best time  46.826 detik.

Sirkuit dengan panjang 1.000 meter dan 9 tikungan coba disiasati Tammy dengan bermain tenang dan buka gas yang halus. “Terutama di R3 yang mesti bermain rolling speed dan R9 yang tikungan putar balik. R3 kontur aspalnya bergelombang, jadi  harus tenang di sana, jika tidak bisa terjungkir,” bilang cowok ganteng kelahiran 3 Februari 1994 ini.

Menyaksikan langsung Tammy memainkan selongsong gas dan meliuk di tikungan, macam nonton tari jaipongan. Itu beda dengan tari bebek angsa, angsanya dikuali. Tammy seperti tanpa beban, walau baru tahun ini naik seeded.  Kalau tanpa beban, berarti  emosinya bisa dikontrol. “Apalagi motor ini memang lagi top performa,” kata Tammy pada motor milik Sandy Agung bosnya di SND.

“Ya, posisi kedua saja sudah cukup. Duel sebenarnya baru besok, mental bertarung QTT beda dengan race. Dari awal mesti lepas duluan dari gerombolan besar,”jawab Agus Setyawan yang sebelumnya telah mengklaim karakter jalanan jadi sirkuit di GOR Satria adalah kesukaannya.

Agus selaku juri korek motor Tammy mengaku tak banyak yang berubah dengan settingan sebelumnya,Khusus seri ini kita dicoba CDI Voertex, putaran bawah-menegahnya lebih terasa. Final gir juga diubah menjadi 14/40, sebelumnya 14/42,”sebut mekanik kalemini.Lho, kok, yang merasakan motor langsung kan pembalapnya, bukan mekanik.  

Kejutan juga datang dari pasukan Honda yang diwakili Willy Hammer dan Gilang Pranata Sukma, keduanya adalah joki tim Honda Rinjani MPM NHK Kawahara,Pakai pengapian YZ 85, jujur motor ini memang lagi kencang, moga-moga bisa dipertahankan sampai besok,”kompak keduanya. Ardel

BERITA TERKAIT:

Hasil MotoPrix 2013 Purwokerto, Semua Sesi, 20 – 21 April 2013

Motoprix 2013; Jelang Purwokerto, Sirkuitnya Kota Mendoan!

Motoprix 2013 Jelang Purwokerto; Pembuktian The Rising Star Dan Honda

Matic Race 2013 Seri 1 Sentul, Sudah 300 Starter, Tapi Masih Nganggur…!


BAGIKAN