nhk

MotoPrix 2013 Sentul QTT: Taroreh Pakai Data Malang

 

 

ManiakMotor – Bukan berarti tidak punya data Sentul International Karting (SIK), Bogor, Jawa Barat, namun Heru Kate mekanik Yamaha Yamalube TDR FDR NHK Yonk Jaya ini, tidak mengikuti kemauan Richard Taroreh. Ia malah pakai settingan seri sebelumnya di Malang, Jawa Timur yang statusnya trek dadakan.

Tetapi di QTT yang berlangsung 1 Juni di MP1 atau underbone 125 cc seeded, Taroreh bisa di depan. Bahkan kelihatannya motor Taroreh dengan enteng berakselerasi. Lihat saja, roda depannya sampai wheelie.  “Karena sekarang tim pakai pertamax plus. Data tahun lalu sudah kadaluarsa. Kompresi saja sekarang 11,8:1,” kata Heru dengan senyum yang menawan dari bibirnya.

Memasuki sesi latihan  di SIK, Richard merasa pas dengan kompresi tersebut. “Sudah pas, hanya menambah berat perbandingan gir saja. Saat ini pakai 14/44 mata,” ujar Taroreh yang pandai berbahasa ngana deng jo  dan berhasil badonce di SIK. Karena Richard orang Manado, Sulut.

Reduksi gigi alias rasio pun tidak dirubah oleh Heru melihat Richard sudah nyaman dengan settingan yang ada sejak latihan. Karena soal rasio, itu tergantung kesukaan pembalap. Mekanik hanya terima laporan. Bila kata pembalap suruh bongkar, ya bongkar.

Berarti data yang dari Malang lebih cocok dipakai di SIK. Maklum, Malang juga tikungannya lebar-lebar, tak kalah dengan trek permanen.  Dengan hasil ini Richard akan berada di grid terdepan di lomba Minggu, 2 Juni. “Motor tidak perlu diutak-atik lagi, tinggal fokus pada balapan besok,” tutup Richard yang di MP1 catatan waktunya bisa menyamai IndoPrix.

Salam jo do-doe ye, pa mai tua. Adit

BERITA TERKAIT:

Hasil MotoPrix Sentul 2013, Semua Sei, 1 – 2 Juni 2013

MotoPrix 2013 Region Jawa Seri IV; Memainkan Data Sentuk Kecil

MotoPrix 2013 Region II Jelang Seri IV Sentul: Poin Masih Rapat


BAGIKAN