nhk

MotoPrix 2013 Sentul Race MP2; Dadan Mengatasi Lawannya

 

 

ManiakMotor – Data memang tidak bohong. Didukung memori simpanan di Sentul Kecil dan strategi main aman di lap-lap awal membuahkan hasil bagi Dadan Alamsyah. Pembalap tim Yamaha Yamalube KYT TJM ini memanfaatkan duel sengit antara M Zaki (Yamaha Yamalube FDR Trijaya) dan Sulung Giwa (Yamaha Yamalube NHK 3M FDR Ridlatama) yang membuat keduanya harus keluar di R-4 pada lap 11 MP2 atau underbone 110 cc seeded.  

“Kesalahan mereka berdua, membuat saya bisa memimpin lomba,” sebut Dadan pada lomba yang berlangsung di Sentul International Karting (SIK), Bogor, Jawa Barat pada 1-2 Juni 2013. Dadan juga tidak menampik, motor yang digebernya dikorek mekanik yang biasa di SIK. Maksudnya datanya lengkap. TJM, geetu, loh.

Sebelumnya Tedi Permana dari Daya Honda Jayadi Denso Showa sempat di depan. Namun ia terjatuh di belokan pertama karena masuk dengan kecepatan lebih tinggi. “Padahal saya punya modal mesin yang kompetitif, hasil dari mencoba semua data settingan yang ada,” sesal Tedi yang asal Karawang, Jawa Barat ini.

Dadan yang mempunyai kuncian di belokan terakhir boleh saja dinilai beruntung. Tapi sebenarnya mesin yang disetting Malik ini sudah sesuai dengan maunya Dadan, kan sesuai data begitu. Karena Dadan punya kelebihan rolling speed yang cepat.  “Sehingga di ujung trek lurus seolah kurang besar spuyernya.  Saya sudah turunkan kompresi dari awal 12,8 : 1 menjadi sekitar 12,5:1. Lebih aman,” tukas Malik.

Sulung Giwa yang sempat keluar tadi, akhirnya hanya ke-2. Sebetulnya ia punya kans besar.  Mesin sudah disetup maksimal, penyakit piston sering bolong sudah ketemu cara mencagahnya. “Setidaknya kami dapat data baru untuk bermain di SIK,” kata Widya Krida Laksana, juru korek timnya Sulung.

Krida mengurangi kompresi dengan menambah kapasitas ruang head. Juga ebelumnya mekanik biasa disebut Gendut itu sering memapas bagian kepala piston. Akibatnya dindingnya menjadi tipis dan rawan jebol, nggak tahan bermain lap yang panjang. Padahal di SIK atau Sentul Kecil, rpm bermain di atas terus. Adit

BERITA TERKAIT:

Hasil MotoPrix Sentul 2013, Semua Sesi, 1 – 2 Juni 2013

MotoPrix 2013 Sentul Race MP1; Zaki Juaranya

MotoPrix 2013 Sentul Seri-4; Honda Tercepat Kualifikasi MP2

MotoPrix 2013 Sentul QTT: Taroreh Pakai Data Malang

MotoPrix 2013 Region Jawa Seri IV; Memainkan Data Sentuk Kecil

BAGIKAN