nhk

MotoPrix 2013 Tasikmalaya; MP2 Milik Sulung Lagi, Pakai Settingan Ringan

 


 

ManiakMotor – Sirkuit Bukit Peusar letaknya di kaki gunung Galunggung, Tasikmalaya, Jawa Barat, kalau yang di perut itu pusar. Sebut gunung tipikal sirkuitnya akan turun-naik. Nah, Sulung Giwa dari Yamaha Yamalube NHK 3M FDR Ridlatama memanfaatkannya, makanya ia juaranya di final MP2 atau Bebek 4-Tak Tune Up s/d 110 cc pada 7 Juli 2013. Itu melengkapi prestasi Sulung yang juga di Bebek 125 pemenangnya.

 Wisnu Krida Laksana mekanik pacuan Sulung menambah kapasitas oli sokbreker depan. Ini untuk antisipasi saat turunan agar suspensi depan tidak terlalu mandem saat pengereman yang didorong efek turunan. Sedang belakang malah dikurangi dari biasanya, “Ukuran persisnya saya tidak hitung. Tapi untuk sok belakang ada 2 step. Namun saya pesan agar Sulung tidak terlalu galak buka gasnya, harus halus,” jelas Wisnu yang pesannya bukan pakai SMS.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahavixion.swf|width=500|height=160}

 Selain atisipasi turunan juga motor lebih luwes mengikuti trek bergelombang pada sirkuit yang dipakai seri 5 MP Region II ini. Perubahan itu juga diikuti penggunaan spuyer 160/30. Komposisi itu harus diberi final gear 13/42. Kan spuyer dan sproket selalu berhubungan dalam penyettingan. Jika kering tinggal terserah mau ubah spuyer atau sproket? Ada lagi yang juga satu jurus, yakni kompresi.

Nah untuk mengeliligi 18 pusingan sampaing pusing-pusing tapi tidak kayak gasing di final ini, kompresi yang digunakan Sulung rasionya  12,5:1. Ya rata-rata kompresi yang menggunakan bahan bakar Pertamax Plus. “Dengan begitu, rpm motor bisa tinggi walau menggunakan perbandingan ringan. Saat latihan dan QTT saya coba 13/40 dan 41 tapi paling pas dapatnya 42,” kata Sulung.

 Sulung mengaku belajar soal cara setting dari Valentino Rossi, hehehe. Tidak perlu menang di trek lurus yang penting unggul tikungan coy. Saya memang selalu didekati musuh di trek lurus, tetapi skeluar tikungan menang lagi,” kata Sulung, pembalap Jawa Timur dan memang dikeluarganya anak sulung, benar begitu Re? “Benar-benar,” katanya.

 Dengan paket tadi, R. Fadhil dari Yamaha NHK FDR ARC Jasti Putra yang start dari posisi pertama hanya bisa mengikuti jalur Sulung, “Set up sama seperti saat latihan,ternyata tidak mampu susul Sulung,” kata Fadhil yang punya KIS DIY saat petarungan final MP2 yang dihadiri peneonton yang sampai masuk wilayah trek, kendati di siang yang terik. Adit

BACA JUGA

Hasil MotoPrix Tasik, Jabar, 6 – 7 Juli 2013

MotoPrix 2013 Tasikmalaya; Final MP1 Sulung Melejit

MotoPrix 2013 Tasikmalaya Seri 5; QTT MP2 Milik Fadhil

MotoPrix 2013 Tasikmalaya Seri 5; Agus Setiawan Tercepat QTT Bebek 125

MotoPrix 2013 Tasikmalaya; Jelang Seri 5; Lay Out Dan Aspal Sirkuit Bukit Peusar Berubah

 

BAGIKAN