nhk

MotoPrix 2014 Jelang Tasikmalaya; Di Sirkuit Peusar, Nggak Jumping Lagi..!

 

ManiakMotor – Sirkuit Bukit Peusar adanya di Tasik Malaya, Jabar, bukan di perut sampeyan. Inilah sirkuit miniatur dari Laguna Seca, Amrik hehe. Sebab, konturnya alamiah yang terbentuk sesuai tipikal bukit yang naik-turun dan berliku-liku. Namanya juga sirkuit, pasti berlika-liku coy. Tapi harap dicatat, di Laguna Seca nggak ada jumping seperti Bukit Peusar.

Semoga di seri 4 MotoPrix Region 2 pekan ini, trek model jumping itu telah dipangkas. Sebab, sirkuit ini akan digunakan pelaga-pelaga bebek jagoan Jawa pada 31 Mei – 1 Juni 2014. “Tenang semua, sirkuit sudah kembali pada aslinya yang  mulus dan layak digunakan sekelas MotoPrix,” jamin Haris Tomy dari Kapota, penyelenggara event.  

Biasanya joki dan mekanik akan kerepotan awal-awal sesi untuk menyetel mesin di Peusar. Itu tadi, lantaran modelnya  yang turun-naik. Mengorbankan tanjakan, turunanan jnuga harus diperhitungkan. Kompresi, rasio dan final gir adalah yang banyak diutak-atik.

Belum lagi soal suspensi depan dan belakang, karena dipengaruhi perubahan distribusi bobot yang terus menerus. Kan menanjak dan turunan. Suspensi depan akan menerima perubahan bobot dari pengereman dan akibat daya laju turunan. Sedang belakang akan tertekan oleh power dan epek dari tanjakan.

Merit atau Waskito Ngubaeni, tunner dari  RPM NHK FDR AHRS SSS Creampie MRT, mengaku sudah memperhitungkan karakter Peusar. Sengaja Waskito yang ditanyakan, lantaran pembalap yang menunggang korekannya bernama Agus Setiawan sedang di atas angin di tiga seri yang lalu. “Saya tidak khawatir, lantaran Agus adalah mantan pemain motocross. Lengan Agus kuat menahan distribusi bobot dan guncangan di Peusar. Jadi motor mudah disetting,” kata Waskito.

Wau sudah tahu jurusnya dia. MM   

BACA JUGA

MotoPrix 2014 Seri-3 Malang QTT MP2; Kembali Agus, Rheza Juga Nempel, Merit Vs Mlethis!

Matic Race 2014 Jelang Banjar Petroman; Ayo Daftar

MotoPrix 2014 Palu Region V; Honda Sidrap AHRS Melejit

MotoPrix 2014 Malang MP2 (Race); Agus-Sulung Lagi, Uji Daya Tahan!

 

BAGIKAN