nhk

MotoPrix 2014 Jogja; Cornering Cepat Ngegrip, Lentur Di Trek Keriting Pakai FDR Sport MP27

 

ManiakMotor – Sulung Giwa kampiun MP1 atau Bebek TU 125 cc Seeded dan Syahrul Amin juara MP2 (Bebek TU 110 cc Seeded) di MP Jawa seri-6, Mandala Krida lalu, cerdik membaca racing line pada 8 tikungan (5 kanan, 3 kiri). Keduanya sempat tertinggal poin oleh Agus Setyawan. Tapi hasil kemarin, Sulung telah lampaui poin Agus di MP1 dengan selisih 4 point. Sementara Amin di posisi kedua dengan gap 7 point pada MP2.

Tanpa mengesampingkan laju mesin, ketiganya ternyata memilih ban yang sama di Mandala Krida.  Mesin yang kuat kan harus bisa disalurkan ke aspal. Di situlah fungsi ban di balap motor. Di balap dunia pun, ban menjadi krusial. Bagian penting dari seluruh penyaluran tenaga yang diriset bertahun-tahun oleh para teknisinya.

Berhubung MotoPrix di Indonesia dipasok ban FDR, tentu ban FDR yang digunakan peserta. FDR sendiri, membagi tipenya sesuai kondisi sirkuit dan suhu sekitar.

“Adapatasi terhadap layout Mandala, sudah aku dapatkan di kualifikasi. Tapi problem putusnya klep jadi membuyarkan semua harapan. Tapi ingat, performa ban FDR Sport MP27 jadi jaminan bermain di Mandala ini. Ban ini pas untuk tikungan-tikungan Mandala gabungan rolling dan menikung sangat lamban,” bilang Agus yang memperkuat Yamaha  RPM NHK FDR SSS dan sejatinya akan mempersembahkan kemenangan di bulan lahirnya ini.

Diakui Sulung yang berbendera Putra Anugrah NHK KYB FDR SSS dan Amin soal peggunaan MP27. Kata keduanya kompon dan desain ban ini, cocok pada tipikal sirkuit dalam kondisi kering. Alur bannya yang jarang-jarang membuat kontak area terhadap aspal lebih luas. “Roda sama sekali tidak bergeser walau kaget memberi tenaga saat duel. Di situlah keuntungan MP27,” jelas keduanya.

Ban ini juga jadi pilihan karena bisa beradaptasi dengan beberapa titik Mandala yang tak mulus, rada keriting, terutama  sebelum R5-R6. “Karakter MP27 memang dibuat seperti sirkuit Mandala. Fokus riset di situ. Sedang pengembanganya untuk antisipasi trek yang bergelombang yang mudah ditemukan di sirkuit dadakan. Dinding ban tipe MP27 punya daya lentur yang baik di aspal keriting. Tapi bisa menyesuaikan dengan tapaknya yang lebar di aspal mulus,” bilang Riza, petinggi PT SRI (Suryaraya Ruberindo Industries) produsen FDR.

Mantap pak! Ardel

BACA JUGA

MotoPrix 2014 Jogja; Masih 3 Seri, Bursa 2015 Mulai Panas! Prestasi Harga Mati!

Motoprix 2014 Jogja; Final MP2 Milik Amin, Honda Melawan Lewat Diaz!

MotoPrix 2014 Jogja Final MP1; Sulung Juara, Agus Merana, Klasemen Berubah!

MotoPrix 2014 Jogja; QTT MP2 Adu Set-Up Pada U-Turn! Motor Lincah!

MotoPrix 2014 Jogja; Agus Vs Sulung, Galang Terlempar Kualifikasi MP1

      

 

  

 

 

BAGIKAN