nhk

MotoPrix 2014 Jogja; QTT MP2 Adu Set-Up Pada U-Turn! Motor Lincah!

 

 

ManiakMotor – Memiliki 3 tikungan balik alias U-turn dengan total 8 tikungan (3 kanan dan 5 kiri) memang melelahkan. Untuk tidak capek di sirkuit Mandala Krida, Jogja, ya motor harus bisa ikut tikungan. Itu namanya diset-up atau setting yang jadi bagian dari permainan balap motor, agar tunggangannya enak ditekuk sana-sini.

Sabtu 2 Agustus 2014 sudah berlangsung QTT dalam seri 6 MotoPrix Jawa dii sana. Di QTT settingan sudah  ketemu setelah peserta diberi sesi latihan. Di luar itu, motor yang dibawa ke sirkuit, pastilah sudah andalan dari teknologi mengorek.

Di sirkuit tinggal setting sesuai kebutuhan lintasan. Macam diungkap Hariz Shakti Wibowo alias Mlethiz. Ia pengorek Jupiter Z karbu Rheza Dhanica (Yamaha Yamalube TDR KYT FDR TRIJYAYA). Katanya, agar mudah akselerasinya, rasio diformat ulang pada bebek ikut MP2  atau Bebek 110 Cc Seeded. 

Intinya motor harus cepat keluar tikungan balik arah tadi. Mlethiz menyebut perubahan mendasar pada gigi rasio 1 dan 4 yakni 13/34 (1) dan 20/22 (4). “Dibanding seri sebelumnya kombinasi itu lebh berat. Karena rasio berat, motor juga tak lincah,” jelas Mlethiz yang artinya rasio tadi dibikin ringan.

Rheza yang sebenarnya punya kans di MP1 sebelumnya, tapi buyar lantaran knalpotnya pecah, lalu suaranya bikin berisik sirkuit, hehe.  Rheza harusnya mudah dapat set-up, lantaran dia jogoan lokal, hapal lintasan. “Di tikungan ke-3 balik arah, putaran mesin jangan sampai drop biar cepat dapat torsi lagi dengan gigi 1,”beber Rheza pada startegi QTT-nya.

Posisi kedua sendiri ditempati Syahrul Amin (Yamaha Yamalube NHK FDR Ridlatama) yang terpaut 0,247 detik dengan Rheza. Posisi selanjutnya silakan klik RESULTS. Yang jelas Agus Setiawan yang jawara QTT MP1 di MP2 puas ke-6.  “Timing pengapian saya sudah patok 33° (9.000 rpm) dan gigi rasio 1 lebih berat. Ternyata nggak mempan di mesin 110 cc, masih ada waktu untuk memperbaikinya,” kata  Waskito Ngubaini alias Merit yang korek Jupiter karbu Agus.

Lihat besok deh. Ardel

BACA JUGA

Hasil MotoPrix (Jawa) Mandala Krida, Jogjakarta 2 – 3 Agustus 2014

MotoPrix 2014 Jogja; Agus Vs Sulung, Galang Terlempar Kualifikasi MP1

BAGIKAN