nhk

MotoPrix 2014 Sentul Kecil Seri 8: Race MP1&MP2, Balap Itu Dari Hati

ManiakMotor – Masih ada hubungan sih judul itu dengan one heart. Pembalapnya Willy Hamer yang memperkuat Astra Motor Racing Team Jogja memang ‘makan hati’ di race MP1 dan MP2. “Bisa dimengerti hati Hammer tak bisa tahan emosi. Emosi itu dari hati, dia harusnya sabar,” jelas Ade Taruna dari pinggir sirkuit Sentul Kecil saat  Seri 8 MotoPrix, Minggu, eh Jumat 3 Oktober.

Ade sih nggak melihat merek yang mana. Lha wong dia diminta analisanya, karena si Ade adalah mantan pembalap tangguh akhir 90-an dengan underbone two stroke. Mumpung dia hanya nonton di MP ini, dimintalah pengamatannya. Katanya, Hammer memang bekarja berat melayani Yamaha di Sentul Kecil yang notabene memang sirkuit Jupiter Z. Istilahnya, Hammer setip lap sudah ngepres racing line-nya.

Contoh, di MP1 atau Bebek TU 125 Seeded. Dua lap awal Hammer sudah bisa melewati Jupiter Boy Arby (Kawahara). Ada 10 lap doski di depan, tapi tak bisa lepas dari kejaran si Boy dan Jupiter Z Agus Setyawan (Yamaha RPM NHK SSS). Di R8 masuk R9 ia dimakan Agus.

Sebab, karakter Honda Blade si Hammer harus out bangat untuk masuk tikungan tersebut. Celah itulah yang digunakan Agus untuk mengambilnya. Dua lap berikutnya, Hammer bisa kembali di depan. Namun kembali dicuri Agus di tempat yang sama. Namun kali ini Hamer punya reaksin seperti tak terima. Akibatnya dia jatuh. “Itu karena hati. Inginnya mengambil ulang posisi, tapi karena emosi, kontrol motor jadi berantakan,” tambah Ade yang sehari-hari jadi manajer tim Yamaha Tunggal Jaya di IndoPrix.

Menurut Hamer dia telah berusaha menutup celah di tempat itu, tapi akibatnya waktu tempuh rata-rata jadi pelan setiap melintas di R8. “Kejadian yang sama dengan pembalap berlainan terjadi di MP2. Saya sudah memimpin, tapi karena terlalu menjaga alur luncuran motor, jadinya saya emosi sendiri,” jawab Hammer.

Di sisi lain Agus punya bekal untuk memainkan emosi si Hammer. Kata Agus dia sudah mempelajari kelemahan Hamer dengan racing line yang selalu parabolik. “Di atas kertas cuma Hammer yang jadi lawan.  Saya harus minta motor yang ringan cabut-cabutnya untuk bisa menyalipnya dari sudut sempit. Ternyata itu saya bisa lakukan,” jelas Agus yang menggeber Jupiter Z yang kompresinya di atur 12.5:1 dan kembali ke persaingan di klasemen setelah menang di Sentul Kecil di MP1.

Bisa disimpulkan, Agus bermain dengan hati yang tenang didukung spesifikasi Jupiter Z yang memang oke di Sentul Kecil. Sama dengan Sulung Giwa yang akhirnya menang di MP2. Sedang Hammer bermain dengan tekanan pada hatinya yang s terus waspada di semua sudut sirkuit. Disenggol dikit, emosinya naik, hehe. Apalagi ia satu-satunya andalan Honda yang berada di barisan depan. Rzk

BACA JUGA

Hasil MotoPrix Seri 8 Region 2, Sentul, Bogor, Jabar 2 – 3 Oktober 2014

MotoPrix 2014 Seri 8 Sentul Kecil: QTT MP2 Honda Dan MP1 Yamaha

MotoPrix 2014 Seri 8 Sentul Kecil; Ada 124 Starter, Mereka Yang Getol Saja

 

 

         

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353