nhk

MotoPrix 2014 Seri 8 Sentul Kecil: FDR MP27 Jadi Favorit Lantaran Sirkuitnya

 

ManiakMotor – Ban FDR MP 27 produksi  PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) risetnya dari pasar senggol. Di sirkuit trek dadakan itu disimpulkan butuh kompon ban yang konstruksi dindingnya lentur. “Dia harus flesikbel mengikuti aspal  khas trek dadakan yang aslinya buat jalan umum,” jelas Totok dari divisi teknik FDR.

Di Sentul Kecil saat seri 8 MotoPrix Jawa, 2 – 3 Oktober 2014 lalu, semua kontestan memilih MP27. Katanya itu paling enak setelah mereka melakukan setting. “Itu sama artinya, kualitas aspal Sentul Kecil sekarang sudah sama dengan trek dadakan. Buktinya penggunaan tipe ban MP27,” jelas Ahmad Jayadi dari Honda Adi Jaya Motor.

Jayadi yang mantan pemegang rekor tercepat di Sentul Kecil dengan Honda Tena 2-tak, sudah geleng-geleng kepala dengan kecepatan bebek 4-tak. Catatan Jayadi pakai Tena hanya 56 detik koma kecil, bisa diubah jadi 55 detik sekian-sekian dengan bebek 4-tak. Di sisi lain aspal Sentul Kecil semakin hari semakin hancur minaaa.

Karena itu ban MP27 jadi favorit. Ban yang awalnya diproduksi untuk balap di trek dadakan yang aspalnya kebanyakan kribo. Permukaan kompon MP27 dengan konstruksi dinding kawat bajanya yang lentur, bisa ‘elastis’ mengikuti kontur trek yang keriting. “Untung saja FDR punya ban variasi yang banyak,” tambah Jayadi yang melepas dua pembalap di MP kemarin.

Di Sentul Kecil ketika aspalnya masih mulus kebanyakan pakai tipe FDR FR75 yang slick. “Tapi ban itu setelah dicoba sering bergeser. Nggak cocok dengan kondisi Sentul Kecil sekarang yang rusak, banyak tambalan dan berpasir,” kompak Agus Setiawan, Willy Hammer, Boy Arby dan sebagainya yang berada di papan atas MotoPrix Jawa.

Kode MP27 kependekan dari MotoPrix yang biasanya lombanya di pasar senggol. Maksudnya, MP27 dari PT SRI bukan ditujukan untuk Sentul Kecil, sirkuit itu  labelnya internasional. “Ban-ban khusus Sentul misalnya seperti MP96 atau FR75,” tambah Totok yang sudah memperkirakan tipe MP27 akan digemari di Sentul Kecil pada event selanjutnya bila aspalnya tetap seperti sekarang.

Yang penting bannya tersedia, pak. Rzk

BACA JUGA

IRS Sentul 2014 Seri 4: FDR Setia Mengawal Roda Peserta

MotoPrix 2014 Sentul Kecil Seri 8: Race MP1&MP2, Balap Itu Dari Hati

MotoPrix 2014 Seri 8 Sentul Kecil: QTT MP2 Honda Dan MP1 Yamaha,

MotoPrix 2014 Seri 8 Sentul Kecil; Ada 124 Starter, Mereka Yang Getol Saja

 

 

BAGIKAN