nhk

MotoPrix 2014: Tunggu Gebrakan 7 Jupiter Z1 Racing

 

ManiakMotor – Sebelumnya ada isu injeksi Yamaha ikutan MotoPrix, eh ternyata beneran. Ada tuh nongol. Tujuh tim besar yang didukung Yamaha pemiliknya. Kendati di seri pertama di Sentul Kecil, 9 Maret lalu belum bersuara. Suaranya masih kalah dengan Jupiter Z karburator. Mungkin karena tak dikawal teknisi Jepang seperti awal munculnya di Indoprix.

Ketujuh tim tersebut adalah Yamaha Yamalube NHK NGK FDR SSS Ridlatama, Yamaha RPM Yamalube NHK FDR AHRS SSS Creampie MRT, Yamaha Yamalube Sakura Nissin TJM, Yamaha Yamalube TDR FDR NHK Yonk Jaya, Yamaha Yamalube FDR KYT Tri Jaya, dan Yamaha NHK Pit’s Rafa Binar RT.

Pembalap yang agak paham dengan karakternya Agus Setiawan dari Yamaha RPM Yamalube NHK FDR AHRS SSS Creampie MRT. “Yamaha Z1 karakternya halus. Saya harus membiasakan membawanya. Jika salah memelintir gas, koreksi saya terlalu banyak. Seharusnya lebih bagud dari versi karbu,” tegas Agus yang malah juara di MP2 (Bebek 115 Seeded). Agus menggeber Z1 di MP1 atau  Bebek 125 Seeded hanya ke-4. Itulah yang terbaik buat Z1 di lomba tersebut.

Pernyataan Agus diyakinkan lagi oleh Suprianto, “Memang karakter Yamaha Z1 seperti itu. Berhubung ini seri pertama sebagian pembalap masih yakin dengan Jupiter Z biasa. Tapi, ke depannya seluruh Z1 harus digunakan di dua kelas MP. Biarkan dulu pembalap dan mekanik mempelajarinya, kasih kesempatan,” ucap Suprianto yang Manajer Motor Sport Yamaha Indonesia tersebut.

Beda, di IndoPrix sekali datang dengan persiapan yang memang targetnya menang. Ke-6 Jupiter Z1 yang dikorek di Yamaha Racing Jepang (tempat motor MotoGP dirancang), ZI langsung jadi di dua kelas. Bahkan puncaknya dapat juara di dua kelas IP oleh satu motor dan satu pembalap atas nama Sigit PD dari Yamaha Yonk Jaya NHK FDR.

Dari penampakan luar Jupiter Z1 di MP berbeda dengan IP. Misalnya pada filter udara. “Versi  MP menggunakan filter udara udara variasi,  versi IP model box yang satu kesatuan dengan throttle bdoy,” tegas Supriyanto. “Seri selanjutnya rencanaya Jupiter Z1 MP bakalan menggunakan komponen setara IP,” tutup Supriyanto.

Ditunggu gebrakannya. Ghalib

BACA JUGAhttp:

MotoPrix 2014 Sentul Seri 1 Region 2: Agus Setiawan Jawara di MP2 Dengan Yamaha

Launching Yamaha Racing Te am Indonesia; Jadi Jagoan Semua Balap, Modal Ke International’

Yamaha Cup Race 2014; Konsisten Pada Pembibitan Pembalap Baru

 

 

 

 

 

 

BAGIKAN