nhk

MotoPrix 2015 Sentul Kecil Kualifikasi MP1 & MP2: Ervantona Wakil Yamaha, Gilang From Honda

 

ManiakMotor – Set-up  CDi Rextor dipatok pada limit 14.500 rpm bikin Jupiter Z Eervantona melaju deras. Maka dia tercepat kualifikasi MP1 atau Bebek Tune-Up  125 Seeded di seri pertama MP Region 2 atau Jawa. Kualifikasi ini berlangsung Sabtu 28 Februari 2015 di Sentul International Karting & Motorcyle, Bogor, Jabar.

Ervan – begitu dia disapa – membela Yamalube RPM NHK FDR RCB SSS AHRS MRT CREAMPIE, wah panjang bangat tuh nama timnya. Ia mengukir 56,691 detik. Sakses  meninggalkan Gilang Pranata Sukma 0,238 detik yang memperkuat Honda Asia Motor. Tentu saja Gilang membawa Honda Blade yang masih karbu.

“Saya merasa bisa mempersingkat waktu di R9. Tikungan ini gampang-gampang susah. Harus tepat keluar dari R8 untuk menempatkan motor persis di sudut R9. Tikungan ini murni akselerasi menengah ke atas sebelum masuk R10,” kata Ervan yang anak Jogja itu dan memang mesinnya disetel untuk putaran yang ia ceritakan.  “Selisihnya banyak dengan Ervan. Harusnya saya bisa perdekat. Tapi motor MP1 belum sepenuhnya dapat settingan. Semoga akan beres saat race,” alasan Gilang yang termasuk senior di MP Jawa.

Jupie Ervantona dipawangi Waskito Ngubeini alias Merit. Merit bilang membawa kem khusus untuk Sentul Kecil di seri pertama MP Jawa ini. Kem itu memiliki lift in 9.4 mm dan out juga punya angka yang sama. Sayang Merit masih keberatan akan angka derajat durasinya. “Nanti saya kasih tahu bila Ervan juara saat lomba. Yang pasti karburasinya PWK 28,” kata Merit yang memainkan kompresi 12,4:1 yang rata-rata dipilih di Sentul Kecil dengan bahan bakar Pertamax.

Beda dengan Gilang di MP2 atau Bebek Tune-up 110 cc seeded. Kelas ini kemarin hanya terdaftar 11 peserta. Tadi lumayan bertambah tiga dan jadinya 14 peserta. Gilang jadi yang tercapat di kualifikasi alias QTT di kelas tersebut. Gilang memanfaatkan penguasaan sirkuit. Ia bisa menutupi karakter  Blade-nya yang kerap under (melebar) keluar tikungan khas Honda bila bermain di Sentul Kecil.

Menurut Gilang, teknik yang ia gunakan saat QTT ndak bisa dipakai saat lomba. Alasannya. “Ya cepak mas. Kan motor sepenuhnya menggunakan gerakan tubuh,” sebut Gilang yang mesin Bladenya memakai karbu TM 24. Ya memang diameter karbunya harus 24, itu sudah regulasi. Gilang ditempel Tomy Salim yang memperkuat HBTL Motul.

Yang jelas kedua pembalap yang tercepat di MP1 dan MP2 berasal dari Jogja. Keduanya pun menggunakan ban FDR MP27. Maklum, tipe ban FDR ini memang dirancang untuk sirkuit yang bumpy. Sedangkan Sentul Kecil saat ini sudah penuh tambalan di mana-mana. Ya berberlombang, om.  Rzk 

BACA JUGA

Hasil MotoPrix Seri 1 Region 2 Sentul, Bogor, 28 Februari – 1 Maret 2015

MotoPrix 2015 Seri 1 Sentul Kecil: Peserta Merosot 60 Persen, Dituding Penyebanya OMR

MotoPrix 2015 Jelang Sentul Kecil; Wawan Is Back, Karbu-Injeksi Honda Blade

MotoPrix 2015 Jelang Sentul Kecil: Susunan NHK Racing Team Region 2

MotoPrix 2015 Sentul Kecil (Jelang): Satu-Satunya Event Road Race Bertemunya Yamaha Dan Honda

BAGIKAN