nhk

MotoPrix 2015 Subang: ECU Aracer Bikin Honda Melejit

 

ManiakMotor – Honda membaik. Disebut membaik karena enam seri lalu di MotoPrix Jawa kewalahan. Tapi di sirkuit Gerry Mang, Subang, Jabar pada 2 Agustus 2015, Honda juara di MP1 (underbone 125 seeded) dan MP2 (underbone 110 seeded). Kunciannya dari ECU aRacer membawa Wawan Hermawan juara di MP1 atau underbone 125 seeded. Ia kalahkan lawan dari Yamaha. Di MP2 juga kampiun lewat Danny Keder.

Jelasnya atas kinerja ECU aRacer yang saat ini menjadi pilihan lain soal ECU balap. Paling tidak, software aRacer dibuka habis oleh penjualnya. Maksudnya, tidak ada yang disimpan-simpan soal hambatan pemetaannya. “Semua yang  pegang aRacer akan diberi software dasar sampai bisa mengutak-atik sesuai kinerja mesin motor,” kata Freddy Gautama dari Ultra Speed, distributor aRacer di Indonesia.

Langsung dirasakan motor Wawan yang membela Astra Jogja. Kelihatan kok, tenaga motor si Wawan padat merayap. Bahkan dari tikungan ke tikungan yang berdekatan khas Subang, cepat nyampe dbanding musuh. Padahal itu anti injeksi, katanya. Itu tanda akselerasi dari gigi ke gigi kuat namun halus. Saat Wawan mendekati Gilang Pranata dari Honda Asia, sungguh enak dia mengejarnya.

Menurut Wawan, pakai ECU aRacer sepertinya nggak ada hambatan menyetel injeksi. Sebab itu tadi, prgramnya mudah diutak-atik, karena diberi jalan oleh ahlinya. “Kan dari dulu saya naik motor injeksi Honda. Tapi pakai aRacer ini berbeda. Padahal mesinnya hanya pakai kompresi 12,2:1, tapi tarikannya nuambut. Saya pikir itu lantaran akurasi setelan elektroniknya,” jelas si Wawan yang mengaku mudah menempatkan motornya di racing line untuk konsisten.

Ada lagi kelebihan aRacer. Ahli-ahlinya sering datang ke sirkuit untuk mengajari para pengguna sampai mahir. Jadi untuk dibawa-bawa sampai ke sirkuit di luar Jakarta yang telah diajari mampu mengaplikasikan  set-up di tempat sirkuit yang dituju. Rzk

BACA JUGA

Hasil MotoPrix Subang, Jabar, 2 Agustus 2015

Road Race Jababeka Cikarang 2015: Tetap Diminati Joki Lokal Dan Seeded Jabar

MotorPrix 2015; IRC Fasti 2, Baru Uji Performa, Tetap Jawara!

MotoPrix 2015 Jogja; MP5-6; Wahyu Nugraha (Arya 117 Jogja), Privateer New Comer!

 

BAGIKAN