nhk

MotoPrix 2015 Tasikmalaya; Akhirnya… Final MP1, Z1 Injeksi Podium, Rere Juara

 

ManiakMotor – Bebek injeksi podium  di pasar senggol ya baru kali ini. Itu di luar Z1 Racing milik Yamaha Indonesia di IndoPrix ya. Yang ini Z1 yang jaya di final MP1 (Underbone 125 Seeded) dalam rangka ronde 3 MotoPrix Region Jawa di sirkuit Bukit Peusar, Tasik, Jabar pada Ahad 12 April 2015. Memang sih hanya podium kedua, tapi itu terbosan. Lagian sejak awal memimpin tapi nasib berkata lain.

Z1 itu dikebut  Syahrul Amin rider Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin Bahtera Racing Team. “Obsesi saya terbayar.  Jangan lupa, hasil ini juga menjawab ‘mitos’, bahwa injeksi susah melawan pada tipikal lintasan macam bukit Peusar,” kata Novi Endaryono pemilik tim Bahtera dengan senyum lebar, kan tadi di MP2 senyumnya masih kecil.

Podium pertama sih tetap disikat Reynaldhi ‘Rere’  Pradana  (Yamaha Yamalube Bien Racing WHK NHK). Rere yang di kualifikasi memang tercepat itu berbasis karburator. Kemenengannya juga berbau kebruntungan.

“Beberapa lap menjelang finish, gap dengan Amin lumayan jauh. Tapi Amin 5 lap akhir terganggu  ceceran oli di lintasan, saya pun bisa dekati dia. Hingga akhirnya saling tekan dan unggul tipis di trek lurus menuju finish. Dramatis!” kata Rere seraya menyebut hal begini yang punya nilai jual dari sisi entertainment. Makanya, seri 4 di Jatim awal Mei mendatang Rere ingin partai ini diulang. Wow!

Nah, tentu pertanyaan yang paling ditunggu adalah progress signifikan Z1 injeksi di MP kali ini? “Ini rekor kali pertama injeksi podium di MP Jawa. Inilah yang diinginkan, mekanik, pembalap dan anggota tim terhadap teknologi injeksi. Proses ini sudah dimulai sejak 1,5 tahun lalu, karakter rider yang berbeda dengan sebelumnya harus revisi berulang-ulang disebut riset itui,” jelas Novi yang diamini Disep PJ dari divisi Motosport Yamaha Indonesia.

Lebih lanjut Gendut sebagai mekanik merinci  fokusnya memang pada konstruksi bodi dan rangka. Titik gravitasi yang diubah dengan cara memindahkan tangki agak ke depan.  Sumbu roda diperpendek dengan ubah rake dengan cara ganti sokbreker  Nouvo. “Kalau mesin mesin pakai klep Titanium KX (29/23,5),” sebut Gendut tanpa cerita ECU dan sensor-sensornya yang sebenarnya jadi kunci injeksi.

Jangan-jangan yang bikin podium Amin adalah ban IRC Fast, hehe… Ardel

BACA JUGA

Hasil MotoPrix Tasikmalaya, Jabar, 11 – 12 April 2015

MotoPrix 2015 Tasikmalaya; Amin-Ardi-Dhila, [Lagi] Yamaha, Main Torsi dan Suspensi!

MotoPrix 2015 Tasikmalaya Kualifikasi MP2/MP1: Rere Dan Amin..!

MotoPrix 2015 Jelang Tasikmalaya: Masih Injeksi, Obsesi Terbeli atau Masih Mimpi?

MotoPrix 2015 Jelang Tasikmalaya; Gebrakan Tim Privateer, Memikat Pabrikan?

BAGIKAN