nhk

MotoPrix 2018: Ban Balap Bebek Pirelli, Diuji PP IMI, Layak…!

Topan saat uji Pirelli di Sentul

ManiakMotor – Sangat layak..! Begitu kata dua pembalap papan atas Indonesia, Rafid Topan Sucipto (Topan) dan Reynaldi Pradana (Rere) pada ban Pirelli. Ban Pirelli memang layak sih di dunia, hehe. Lha itu ban dipakai di WSB, CEV Repsol dan di mobil F1. Waw… Bukan itu, bro! Tapi ini buat balap khusus bebek yang ukurannya 90/80. Tetap dari DNA Diablo Rosso Corsa II yang digunakan arena racing dunia tersebut.

Namanya Italia bangat, tapis sudah bebek

Topan dan Rere menguji komponnya atas permintaan PP IMI dari divisi balap motor di sirkuit Sentul Kecil, Jabar pada 2 Februari 2018. Di sana dilakukan pungujiannya terhadap kelayakan ban yang sudah diproduksi di Semarang, Jateng tersebut. “PP IMI harus mengujinya sendiri, bukan asal laporan dari produsennya,” sebut Media Saputra dari Biro Olahraga Bermotor PP IMI.

Keduanya sangat layak. Gripnya nggak kalah dengan ban yang sudah digunakan lebih dulu di MotorPrix. “Ini ban punya karakter tersendiri. Saya kan pernah pakai soal ban balap bebek segala merek dan tipe,” sebut Topan yang berdiri independen dalam pengetesan ‘homologasi’ dari PP IMI.

Andreas dan staf. Tinggal harganya?

Ban dipasang pada velg depan 1.40 x 17 dan belakang 1.60 x 17 untuk Jupiter Z1 speksifikasi MP2 yang dipinjam dari Yamaha TJM. Satunya lagi MX-King yang MP1 menggunakan velg 1.60 dan 1.85. Dari ukuran velg, semuanya mantap jiwa. Semua sisi ban terluar dapat grip.

Sekarang tinggal harga. Kalau sudah diproduksi di Indonesia, otomatis harga akan menyesuaikan dengan ban balap SNI. “Harga ini yang jadi penentu bersaing dengan IRC dan FDR. Karena pasar terbesar itu justru buat kebanyakan peserta. Balap bukan hanya kejurnas, yang senang gaya balap justru lebih banyak,” kata Doni Romdoni, pembalap senior DKI yang kebetulan ada di Sentul Kecil saat terhadi pengujian.

Soal itu langsung dijawab oleh Andreas, Head – Pirelli Tire Departement, Dosmetic Marketing Division PT Astra Otoparts tbk. Katanya untuk sementara belum keluar harga, masih riset pasar yang pas, “Yang pasti harga akan bersaing dengan kompetitor yang bermain di ban balap lokal,” kata Andreas.

Tulisan selanjutnya soal grip dan daya tahan. Miolo

BAGIKAN