nhk

MotoPrix-IRS 2016: Yamaha Akai Jaya (Palu), Penantang Hebat, Ini Ramuannya!

 

ManiakMotor Jarang-jarang ada tim balap dari luar Jawa seperti Sidrap BAF Akai Jaya MBKW2 paling eksis seperti di pentas Yamaha Sunday Race (YSR) dan Indospeed Race Series  (IRS). Yup, partisipasi rutin dilakukan tim asal Palu, Sulawesi Tengah dibawah komando Andi Raharja Limbunan ini cukup langka, bro.  Terlebih bertarung di kelas Sport 150 cc dan 250 cc, utamanya kelas MP1 atau bebek 150 cc seeded yang banyak Honda Sonic 150R.

Di luar dugaan, seperti di seri 5 Palu (22/5) lalu, pembalap andalan BAF Anggi Setiyawan sukses naik podium ketiga. Padahal, di kelas  MP1 itu ada sembilan Honda Sonic 150R. Meski dikepung, Anggi masih bisa lolos. “Selain sport di YSR dan IRS, tetap eksis di motoprix region Sulawesi dengan bendera Yamaha Yamalube BAF Akai jaya Sidrap BMKW2 KYT SND FDR,” sebut  Andi Akai – sapaan akrab Andi Raharja Limbunan.

Agar bisa fokus dalam mempersiapkan motor, di kelas sport tim Sidrap BAF dikawal Hariz Shakti Wibowo, mekanik muda potensial dengan panggilan akrab Mlethiz. Kuda besi garapannya dibesut oleh Janoer Ardhetrio atau biasa dipangggil Janoer Deden.

“Ini tahun pertama pertama Deden fokus di sport. Perkembangan skill dan fisik membaik sejak gabung di training center bersama beberapa pembalap lain. Ya, ia hijrah dan menetap di Jakarta. Progres fisiknya terpantau,” bilang Gandung Darmoko, salah satu pelatih fisik kenamaan yang ikut menggembleng Deden. Hasilnya, baru pertama tampil, prestasinya menjanjikan dengan podium ketiga di YSR Seri 2 (150 cc pro rider, 24/4) dan podium ketiga 250 cc di IRS Seri 1 (27/3).  

Ternyata, eksisnya tim Sidrap BAF dan Yamaha Yamalube BAF, ada udang di balik batu. Udang apa ya. Udang gala! Bukan, menurut Andi, pihaknya tak ingin setengah hati terjun ke kancah balap ingin membangun image. Ini berkaitan dengan produk yang didagangnya, sepeda motor Yamaha. Hasilnya,  ia menguasai market share 62% di Sulawesi Tenggara.

Untuk mendukung itu, “Spek motor kudu kompetitif. Makanya, chief mechanic diberi keleluasaan bereksperimen dengan dukungan suku cadang balap. Meski dengan andalan rider lokal tetap percaya diri. Pembalap pun punya motivasi lebih untuk berprestasi. Profesionalisme mereka terjaga. Kedepan bukan tidak mungkin menuju  Asia. Semoga,”yakin suami Sari Mariyant itu. Gasss..Ardel

 

 BACA JUGA

FDR-NHK MotoPrix 2016; Kiprah FDR, Kuasai MP 1 Semua Region, Ini Rahasianya! 

FDR-NHK MotoPrix 2016; Seru…!!!Persaingan MP1 Memanas Di luar Sirkuit, Set Rasio Vs Blok SRP (Update) 

FDR-NHK MotoPrix 2016 Palu Seri 5 (Region 5): Persaingan Honda Dan Yamaha Menjurus ‘Tak Sehat’ Di Sulawesi 

FDR-NHK MotoPrix 2016 Palu; Yamaha Adhi Motor, Sikat Tiga Podium, Adaptasi Injeksi

BAGIKAN