nhk

MotoPrix-Motocross 2016, Protes ‘Curi’ Umur, NISN Solusinya. Gimana tuh?

ManiakMotor – Kelas kelompok umur adalah untuk pembibitan. Pun begitu di balap macam motocross dan road race. Potensi muda itu diklasifikasikan pada umur dan skill. Sill meningkat seiring bertambahnya umur. Ambil contoh di motocross SE 50 (8 tahun), SE 65 Novice (8-10 tahun), SE 65 cc kejurnas (12 tahun), SE 85 cc (14 tahun).

Di motoprix, MP6 (14 tahun) dan MP5 (16 tahun). Tapi seringkali di lapanagan, masalah ini jadi kusut. Rekayasa data untuk semata mencari podium. Sama artinya menciderai sportifitas, ”Memberi contoh yang tidak baik. Padahal pembalap yang professional  dididik juga soal etika, disiplin dan kejujuran,” ujar  Imel, manager tim Kawasaki Junior  Emana AHRS KYT Dunlop asal Papua.

Makanya, perlu data yang akurat untuk antisipasi kecurangan yang dilakukan. Seri perdana MotoPrix, Malang, Jatim lalu dan Kejurnas Motocross, Magelang, Jateng masih ini hangat diperbincangkan.  Ada yang bikin geram, lantaran pembalapnya dikalahkan oleh rider yang dicurigai ‘nyolong’ umur. “Saya tahu persis dia itu kelas 2 SMU. Wong, ada saksinya tapi kenapa masih ikut MP6. Mau protes tak didukung data tertulis yang akurat,”kesal seorang manager tim.

Oleh Medya Saputra selaku Kabid olahraga roda dua PP IMI jadi salah atensinya. Baginya, memang tak boleh ada yang dirugikan,”Kita sudah mulai mengidentifikasi lewat sistem NISN (Nomor Induk Siswa Nasional). Data di sana dipastikan akurat, utamanya tanggal lahir untuk melacak umur,”ujar Medya saat jumpa portal ini di Powertrack, Ambarawa (8/5) lalu.

Brosist juga bisa lacak sendiri tuh, “Caranya, silahkan buka http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data. Bisa dicari berdasarkan NISN dan nama. Kalo tidak ketemu bisa hubungi (021) 57905777 atau langsung ke sekolah siswa yang bersangkutan,”jelas Yuli Purnomo, operataor data base siswa di SMK Panca Bhakti, Banjarnegara, Jateng. Begitu…Eit, kalo ternyata pembalap yang dicurigai tetap main, ya silakan ajukan permohonan protes. Infonya sih, beberapa nama yang dicurigai sudah dilacak datanya. Wow! Ardel

BACA JUGA

FDR-NHK Motoprix 2016 Jelang Serang; Yamaha Putra Anugrah, ECU BRT Juken 3 Dual Injector

FDR-NHK MotoPrix 2016: RPM Medan Dengan Satria F150, MotoCross Juga

MotoPrix 2016; Rumah Kopling SYS (Racing), Spesial R15& MX King

Drag Bike-MotoPrix 2016; SART IKM-4B, Juara MP1-2, Spek MP3-4, Karya MBKW2!

FDR-NHK MotoPrix 2016: Seri 2 MP Jawa Dimajukan Di Serang, Kenapa Begitu????

 

 

 

 

BAGIKAN