nhk

MotoPrix (MP) 2015 Grand Final Sidrap; Yamaha Vs Honda: 3-1, Ini Catatan Penting!

ManiakMotor – Dari 4 kelas utama di helat di Grand Final MotoPrix yang berlangsung di Sidrap, Sulsel (17/10-15), Yamaha Vs Honda berakhir dengan skor 3-1 untuk gelar juara nasional MotoPrix-nya. Tiga kelas milik Yamaha, yakni MP2 (underbone 110 cc seeded), MP3 (underbone 125 cc pemula) dan MP4 (underbone 110 cc pemula). Sedangkan  satu kelas  MP1 (underbone 125 cc seeded) dibagi ke Honda lewat pembalap Andi Farhat (Astra Motor Racing Team Sulsel).

Pembalap Yamaha yang dimaksud adalah, Jr Deden (Yamaha Yamalube Akai Jaya BAF RMS T MBKW2) di MP2 dan Ahwin Sanjaya (Yamaha Yamalube IRC Trijaya) pada dua kelas sekaligus MP3 dan MP4. Hasil itu adalah dari penghitungan point region dan point final (50%-50%).

Grand Final MotorPrix 2015 dilepas di sirkuit Bukit Mario, Sidrap itu sukses digelar dengan beberapa catatan.  Event ini juga dihajat oleh Pemkab Sidrap yang koordinasi langsung Bupati H. Rusdi Masse Mappasessu. Mereka bekerjasama dengan IMI Sumsel .

Perhelatan event ini termasuk megah dengan balap malam atau night race. “Kami juga apresiasi pada kesigapan panitia dengan menyiapkan free akomodasi seperti pejemputan di bandara, hotel, konsumsi dan subsidi per pembalap,” nilai Rudi Hadinata, owner tim Yamaha Tri Jaya.

Oleh Sadikin Aksa, wakil ketua PP IMI, katanya, Grand Final semacam ini semestinya bisa jadi ikon untuk mengangkat gengsi road race.

“Harusnya bisa, asalkan dikomunikasikan dengan baik pada tim, pabrikan dan Pengrov. Jawara-jawara masing region juga bisa dihadirkan demi nilai jual mereka,” nilai Ikin, sapaan akrab pengusaha yang siap jadi salah satu kandidat Ketua IMI mendatang.

Faktanya, absennya beberapa jawara region, tak semata keterbatasan dana. Apalagi dengan tidak munculnya juara region Jawa di MP1 dan MP2. Padahal mereka sebagai patokan yang membawa Yamaha.  “Idealnya sejak awal sudah harus diprogramkan alias bukan program dadakan. Bagaimana tidak, H-5 kami baru menerima pemberitahuan.  Proposal pengajuan sebagi sponsor pun nggak ada, ada nuansa politis,” protes Supriyanto, Manager Motorsport Yamaha Indonesia.

Catatan lain, menyoal sistem point penentu juara nasional, ”Serial di region ada 8-9 seri, grand final sekali saja, tapi sistem poin jadi 50-50?” nilai Fritz Yohanes bos Yamaha Putra Anugerah dengan rider andalan Aldhila Eka Darma yang jawara MP2 (Jawa) yang tidak muncul di lokasi.

So? Ardel     

BACA JUGA

Hasil Grand Final MotoPrix Sidrap, Sulsel, 16 – 17 Oktober 2015

MotoPrix (MP) 2015 Final Region Sidrap: Sayang Juara Region Jawa Tak Nongol Di Sirkuit Losail-nya Indonesia

MotoPrix 2015; Ban FDR MP27 Dikembengkan Lebih Juara Lagi

MotoPrix 2015; SSS Chain Kit, It’s Racing, Performa Motor Jawara!

MotorPrix 2015 Final Purwokerto: Pembalap MP5 dan 6, Harus Contoh Yudhistira

        

BAGIKAN