nhk

MotoPrix (MP) Malang 2016 (Jelang): Mengintip Kekuatan Yamaha Bahtera, Dibangun Dengan Religi

ManiakMotor – Kalau diintip, tim ini kekuatan utamanya pada motor Yamaha, hehe kalau itu sih, banyak juga yang pakai. Lebih dalam lagi, Yamaha Bahtera Racing (YBR) dibangun 7 tahun lalu dan tiga tahun belakangan menjadi tim yang komplit. Kalau ukuran kita, menjadi tim elit Indonesia di Yamaha. YBR  2016 dipresentasi di Roemah Balle Café, Tulungagung, Jatim (14/4).

Pondasi YBR pada pentaan alias management professional yang religi pada pasukannya yang saleh. Diawali dari SDM alias sumber daya manusia, ”Total ada 20 personal yang terlibat. Mulai dari GM, chief mechanic, chief rider, opesional umum, administrasi dan keuangan, rider, asisten mechanic, crew, driver dan umum. Masing-masing punya job diskripsi dan pertanggungjawaban  jelas,” tegas Novi Endaryono jadi dirigen pada tim yang bermarkas di Tulungagung itu.

Sdm harus bekerja terjamin professional, ya atas dasar manus bekerja. Misal, asuransi bagi rider dan crew. Sebab balap adalah bidang high risk, asuransi mutlak diperlukan. Sinar Mas dan Bumi Putera (Banten) perusahaan asuransi yang dipilih. Khusus  Bumi Putera Banten (satu-satunya di Indonesia), lantaran klaim yang dibayar bisa untuk kecelakaan di dunia balap (pembalap). Total alokasi dana asuransi 30 juta-an per tahun.

Di dalam manajemen itu sekalian up-date teknologi yang mendorong Widya Krida Laksana alias Gendut sebagai chief mechanic. Ini sosok mekanik yang berkembang di YBR sejak direkrut 2010. Mekanik yang tumbuh di generasi peralihan dari karbu ke injeksi.

Gendut yang memang ‘besar’ itu, diberi kesempatan sepenuhnya untuk belajar dan eksperimen. “Akses jaringan teknologi pun dibuka seluas-luasnya. Misal suspense Penske (Amerika), baterai Fulse (teknologi Nano dari Amerika) dan sebegainya sampai ECU dengan aRacer,” timpal Gendut yang pernah dikirim secara khusus dua kali  mendalami teknologi injeksi di Yamaha Indonesia.

Tak puas sampai disitu, Alexandro teknisi MotoGP (2014-2015) dan WSBK pada 2016 chief mechanic Kawasaki didatangkan. Tentu saja diminta mengajari pada mekanik YBR. “Jangan lupakan konsep religi. Motonya Man Jadda Wa Jadda. Bahwa, bagi siapa saja yang mau bersungguh-sungguh, niscaya akan menuai hasil. Tak hanya bicara kemenangan, tapi bagaimana lewat balap ini bisa memberikan manfaat bagi orang lain yang disebut ibadah dalam religi tadi,” tegas Anang Mudjiantoro, si pemilik tim.

So, konsep religi juga memang kental di tim ini. Meeting dan evaluasi yang intens berdasarkan pada ibadah tersebut. Bagi sdm yang terbaik di YBR dibonusi haji dan umroh atas capaian prestasi. Selamat, One Team Be The Best! Eit susunan tim sudah diulas sebelumnya, silakan klik ini; MotoPrix (MP) Malang 2016 (Jelang): Launching Yamaha Bahtera, Andalan PabrikanArdel

BACA JUGA

MotoPrix (MP) Malang 2016 (Jelang): Launching Yamaha Bahtera, Andalan Pabrikan

MotoPrix (MP) 2016 Malang (Seri 1); Engine On… Resmi Bertemu Sonic 150R, Satria F150 dan MX King

Road Race 2016 Boyolali: PARD NHK Zyrof47 Manahadap, Buah Mental dan Jam Tanding!

Road Race Boyolali 2016: All New Suzuki Satria F150 Merit Pakai ECU Vortex, Hasilnya?

MotoPrix 2016 Sidrap: Yamaha MX King Ungguli Serbuan Honda Sonic Di MP1

 

 

BAGIKAN