nhk

MotoPrix Serang; QTT MP1 (125 cc Seeded), Milik Sulung Giwa

 

ManiakMotor – Kombinasi putaran bawah dan atas lengkap di sirkuit Maulana Yusuf, Serang, Banten, tempat seri pertama MotoPrx Region 2 atau Jawa. Di atas kertas yang belum ditulis, ada M Zaki, Agus Stiawan dan Sulung Giwa yang membela Yamaha. Di samping mereka ada Wlly Hamer yang menunggang Honda. Semuanya punya  pengalaman bermain atas bawah dalam balapan sendiri-sendiri. Kalau disebut balap sendiri berarti belum lomba benaran alias masih QTT yang berlangsung 9 Maret 2013.  

Kemampuan mereka memang menjanjikan. Tetapi, karena sirkuit dadakan Serang 1.200 meter hanya ada 10 tikungan, yang punya feeling atau ilmu kira-kira yang diuntungkan. Bandingkan dengan Sentul Kecil yang lebih pendek tapi punya 16 tikungan.

“Feeling terutama untuk menyesuaikan set-up kompresi dan final gear dengan waktu latihan mepet. Sepintas kompresi ada di mesin dan gir ada di roda, tapi keduanya berhubungan. Pembalap harus melaporkan dengan cermat untuk menuju sesi QTT dengan modal latihan sebentar,” kata Ahmad Jayadi, bos AJM Honda yang turun ke MP tahun ini.  Tahun lalu tim ini berada di IP. Wajar saja dia diminta komentarnya, lha wong dia mantan pembalap top di negeri ini.

Buktinya yang Jayadi bicarakan sesuai perjalanan Sulung Giwa yang merebut QTT MP1. Katanya usai latihan, kompresi Yamaha Jupiter Z-nya ditrunkan. “Termasuk gir saya bikin ringan 1 mata. Motor lebih mendingan stop and go-nya, tapi tidak banyak mengurangi top-nya,” jelas Sulung yang masih berkeringat saat diwanwancara, maklum abis lepas helm usai QTT. Pokoknya sama cepatnya dengan tulisan ini.

Sulung mencetak 46.497 detik. Dia diuntit pembalap Pinrang, Sulsel yang bernama Willy dan g memperkuat Honda Rinjani MPM NHK. Selebihnya silakan lihat RESULTS. Adit  

BERITA TERKAIT:

Hasil Semua Sesi MotoPrix Serang, 9 – 10 Maret 2013

MotoPrix Serang, Tikungan R6 Khas Pasar Senggol

Jelang Seri-1 MotoPrix Banten, Road Race Tradisional

 

BAGIKAN