nhk

MotoPrix Serang, Tikungan R6 Khas Pasar Senggol

 

ManiakMotor – Jalanan yang mengitari Stadion Maulana Yusuf, Serang, Banten sepanjang 1,2 km  dicincang. Hehehe maksudnya dibagi-bagi ala trek dadakan menjadi tikungan per tikungan yang disebut radius alias R. Totalnya menjadi 10R. Pada bahasa yang lebih tinggi setiap kumpulan R ini diiris lagi menjadi sektor.

Jalanan Maulana yang jadi tempat seri pertama MotoPrix Region Jawa, 9 – 10 Maret 203 ini menjadi 3 sektor. Rata-rata setiap sektor meliputi 3,5 tikungan. Masing-masing panjangnya bagi tiga saja yang 1.200 meter tersebut. “Ada perubahan sedikit-sedikit soal desain tikungan setiap tahun. Tetap arahnya clock wise,” kata Tommy Haris sebagai pimpinan lomba yang mengabarkan peserta yang telah terdaftar 200 starter lebih, Sabtu, 9 Maret 2013. Jumlah starter tersebut masih sementara.

 Apa pun dia, semua tikungan butuh keterampilan untuk menekuknya. Tentu saja buat pembalap. Dari semua R itu, R6 yang dipandang butuh perlakuan khusus. Tingkat kesulitannya tinggi di situ.  “R6 ini terletak di sektor 2, setelah 150 meter full gas, langsung berhadapan dengan tikungan balik arah. Fisik harus kuat menahan deselerasi dan guncangan,  lantaran gigi percepatan diumpan sampai gigi satu,” ungkap M. Zaki, pembalap dari tim Yamaha Yamalube Trijaya Motor. Iya, mesinnya juga harus dijaga di situ supaya nggak jebol.

Sama dengan pendapat Galang Hendra, joki pemula asal tim Yamaha Yamalube Ridlatama. Dia pembalap pemula yang kali ketiga turun di Maulana Yusuf. Katanya, area R6 selain sempit juga aspalnya penuh pasir dan tanah. “Masuk harus cepat, tapi keluarnya harus dengan bukaan gas yang diurut agar ban belakang tidak sliding,” ujarnya.

Sulung Giwa yang seeded yang juga dari Ridlatama, pakai siasat hanya gigi 2 di titik tersebut. “Sama saja kan jadinya, gigi satu digas kecil, tapi gigi dua bisa lebih tinggi rpm-nya. Juga putaran rodanya lebih halus,” kata pembalap berambut nyentrik sembari mengira-ngira langkah-langkah yang akan dilakukan saat QTT. Maklum saat tulisan ini diketik, masih babak latihan.

Jalur untuk melibas R6 tersebut beragam, Andy Permana dari tim Honda Daya Adicipta lebih suka mengambil sisi luar sebelum masuk belokan. “Saya mengarahkan motor sedekat mungkin dengan karung sisi dalam di puncak belokannya. Sebab R7 juga tikuangan mati,” kata pria asal Cirebon, Jawa Barat ini.

Oke deh, tunggu update selanjutnya soal QTT. Adit

BERITA TERKAIT:

Jelang Seri-1 MotoPrix Banten, Road Race Tradisional

MotoPrix 2013, Sepintas Tentang Regional

Jelang MotoPrix Region Jawa Di Serang, Seragam Baru

 

 

 

BAGIKAN