nhk

Motor Baru 2014; Harga Honda CBR150R Rakitan AHM, Ujian Yamaha R15

ManiakMotor – Sudah seharusnya dan sudah semestinya Honda CBR150R dirakit di Indonesia. Sebenarnya juga sudah diwadahi dengan Honda CB150R StreetFire. Tapi karena nama tipenya berbeda, penggemar tetap menunggu yang namanya CBR. Tiga huruf inilah sihirnya, bro.

Tak ada bedanya tuh mesin CBR150R dan mesin CB150R. Yang berbeda saat ditransfer ke CB150R pada timing  pengapian yang dimajukan. Itu disesuaikan dengan rangka tubular dan kondisi jalanan Indonesia. Ya agar cepat akselerasinya dan lincah. Maklum diprediksi line-up sport ini lebih banyak digunakan di dalam kota oleh anak muda.

CBR150R versi rakitan Indonesia juga nanti menggunakan rangka tubular. Bedanya tentu pada fairing yang jadi ciri CBR150R. Ada lagi bedanya, yakni harga. Sebelumnya Rp 42,9 juta untuk rakitan Thailand.  Jadi mahal lantaran kena pajak dan teteknya.

Maksudnya tanpa ada administrasi yang beliku.  Belum lagi pajak ekspor dan perakitan. Dari pajak impor saja sudah ketauan harga bakalan turun,” jamin  Johanes Loman, Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor (AHM).

Rencananya CBR150R versi rakitan AHM  bakal dirilis setelah lebaran, tepatnya bulan Agustus 2014. Jika dilihat desain dari gambar yang beredar, CBR150R malahan menyerupai CBR250R dengan dua lampu utama. Namanya juga masih CBR, masih satu darah, DNA-nya sama.

Seperti cerita di atas tadi spesifikasi mesin sama, tetap DOHC satu silinder. Kolo silinder tunggal dengan DOHC sudah pasti menggunakan 4 klep, dua klep masuk dan dua buang. Intinya trik ini hampir sama dengan Yamaha R15. Mungkin tujuannya untuk menguji kompooetitortersebut. Harga jualnya juga pasti nggak beda jauh di bawah Rp 30 juta. Kolo dipikir seperti CB150R diberi fairing atau sama dengan Vixion berfairing pada R15. 

BACA JUGA

Piaggio Diskon Lebaran 2014, Ayo Cepat..!

Motor Baru 2014: Suzuki FU150 Limited Edition, Ayo Beli Sekarang, Terbatas

Fino FI Melejit di Segmen Matik, GT Series Tetap Ikonnya

Motor Baru 2014: Mantap Penjualan Yamaha YZF-R15

 

 

BAGIKAN