nhk

Motor Baru 2014: Harley Davidson Livewire – Motor Listrik Pertama HD

               

ManiakMotor – Jika biang motor bikin motor, pasti hebolah. Disebut bikin motor, lantaran penggerak motornya listrik. Dan itu dilakukan Harley Davidson (HD). Konsep baru ini bernama Project LiveWire atau populer disebut HD LiveWire. Motor dengan tenaga baterai tersebut bisa melaju 0-60 km/jam dalam waktu 4 detik dengan daya jelajah 130 mil. Ketika sudah melaju sampai 130 mil atau setara 210 kilometer, maka baterai harus diisi ulang. Pengisiannya bisa berlangsung selama 30 menit hingga satu jam.

HD mungkin terlambat memperkenalkan motor listrik. Tapi coba lihat desainnya, masih tetap HD, hehe. Apalagi HD dikenal dengan citra motor bongsor yang laki bangat. HD bikin motor tak memandang soal irit-iritan, yang penting kuat dan besar. Sekarang bikin motor listrik yang jelas dikenal hemat enrgi. “Ini permintaan langsung dari konsumen di seluruh dunia,” bilang Matt Levatich, President and Chief Operating Officer of Harley-Davidson Motor Company.

Performa engine HD LiveWire dengan teknologi EV [Electric Vehicle] yang tak ada suara. Ya namanya juga listrik. Bertolak belakang dengan HD sesungguhnya yang bersuara stereo yang menggentarkan. Namun katanya tenaganya seperti pesawat jet.

Levatich lalu menambahkan,  untuk memainkan peran kunci dalam mengembangkan standar kendaraan listrik, harus ada jaringan dealer penyedia  langsung stasiun pengisian baterai.Kami berharap untuk menjadi pengembangan standar dan teknologi EV, maka dibutuhkan pula infrastrukturn dan utilitas kendaraan listrik,” tambah Levatich sambil bilang butuh anggaran besar pula buat menyediakan stasiun pengisian baterai tersebut.

Waduh, canggih sih tapi dalam memasarkan masih dilema. Trisya

BACA JUGA

Motor Baru 2014: Vespa 946 Bellissima Yang Tampan

Motor Baru 2014: Kawasaki Ninja 300 Special Edition, 30TH Anniversary Ninja

Motor Baru 2014: Kembalinya Harley Davidson Road Glide 2015, Si Hidung Hiu

Motor Baru 2014; Peremajaan Yamaha Vixion Agustus Ini, Pasti Macho, Man..!

 

 

BAGIKAN