nhk

Motor Baru 2014: Kawasaki Estrella 250, Sebentar Lagi..!

ManiakMotor – Pastinya motor gaya klasik abis akan ngaspal di Indonesia didapat dari data yang masuk ke Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor Kementrian Perindustrian. Di sana ada kode produksi BJ250J dengan permohonan impor sebanyak 120 unit per bulan. Nggak gede-gede amat, memang. Tapi rutin.

Estrella 250 adalah DNA dari Kawasaki Samurai 250 yang ngetop di era 60-an. Bedanya Samurai dipakai untuk pedang, eh salah. Maksudnya si Samurai pakai mesin 2 langkah, twin cylinder inline. Tapi potongannya podo wae. Di masanya Samurai disegani, lantaran bawa-bawa pedang, huss.

Sasis Estrella simpel, namun dari sasis model seperti ini semua aliran modifikasi motor bisa disasar. Bikin cruiser seperti aslinya, ayo. Diarahkan ke café racer, monggo.  Atau sebagainya, oke-oke saja tuh dengan sasis semi-double cradle.

Bicara mesin Estrella memliki karakter overstroke, diameter piston 66 mm dan langkah piston 73 mm yang hasilnya 250 cc. Maka jangan heran kalau momen puntir diealnya di 5.000 rpm dengan output 13,3 ft-lb.

Meski menyasar kesan klasik mulai dari sasis, mesin yang masih mengandalkan alam alias berpendingin udara, juga detail macam tangki, lampu, sepakbor dan lainnya, namun peranti keselamatannya tidak bisa dibiarkan ‘klasik’. Rem depan pakai piringan cakram 330 mm, coy.

Entah kapan Estrella akan mulai meluncur, begitupun harga jualnya di Indonesia. Pihak Kawasaki Motor Indonesia (KMI) masih enggan buka suara. Yang jelas ini motor di jual ¥518,700 (US$5,180) di Jepang untuk versi termurahnya. Nilai itu setara dengan Rp 63 juta-an. Adit

BACA JUGA

Motor Baru 2014 : Mekanik Siap Untuk Yamaha YZF-R15 & R25

Motor Baru 2014: Matic Honda Dan Yamaha Di India Belum Injeksi

Aki Lithium AHRS Untuk Semua Motor; Jaminan Lima Tahun, Ada Indikatornya, Bro !

 

 

 

 

BAGIKAN