nhk

Motor Baru 2014: Kembalinya Harley Davidson Road Glide 2015, Si Hidung Hiu

ManiakMotor – Biangnya motor Harley Davidson (HD) salah satu tipenya Road Glide Seriesdistop produksi 2014. Penghentikan penjualan lataran salah satu mesin yang memproduksi fairingnya rusak. Mesin ini bila diganti sangat mahal dan butuh waktu. Betul atau tidak, hanya HD yang tahu.

Diumukan kembali oleh HD, tipe hidung hiu itu, akan kembali dilempar ke pasar pada 2015. Ya mungkin mesin pencetak fairingnya sudah bisa diatasi. Malah ada dua tipe HD Road Glide dan Road Glide Special akan mengaspal kembali 2015. Bahkan tidak main-main, semua fiturnya lebih canggih, terutama aerodinamika bodinya.

Matt Levatich, President and Chief Operating Officer of Harley-Davidson Motor Company menyatakan. “Dengan teknologi Rushmore, fitur dan gaya baru akan muncul. Tipe ini akan styling. Perfomamengendara ditingkatkan pada konsomen setia Road Glide,” kata Matt yang pasti orang Amerika saat berbicara di Motorcycle Rally di Sturgis bersamaan dengan  National Bikers Roundup di Tulsa-Okla, pada 1 Agustus 2014.

Maksudnya, penyegaran disebut poryek Rushmore. Wujudnya telah dicoba berulang-ulang di terowongan angin. Ya memang sih, nggan semua terowongan ada udara, hehe. Pengembangan bodi dan fiturnya sudah dicoba lewat terpaan angin pada  wind tunnel. Di terowongan ini akan ketahuan aerodinamika motor terhadap hambatan angin, termasuk keseimbangannya. Karena terowongan agin itu, isinya angin semua yang meniup kendaraan sedang diuji. Anginnya seperti berkabut sehingga terbaca arus agin yang menerpa HD. Kecepatan angin sudah dikalibarasi top speed HD Road Glide dan ditambah embusan angin itu sendiri yang rata-rata di alam terbuka.

Tentu dijamin asyik mengiris angin dengan bentuk bodinya yang macam hiu. Tau sendiri hiu, di air saja bisa melaju kencang. Sebab mesin Road Gilde yang gambot bikin nafsu betot gasnya. Tuh 1187 cc dengan konfigurasi bawaan HD yang V-twin. Suaranya pasti stereo asli bo, piston di silinder satunya di TMA dan slindernya lainnya di TMB – itu kolo tidak salah –  yang bikin pehobi berat HD rela mengluarkan duit, berapa pun jumlahnya. Ah kau reporter, tak perlu  keluar duitlah, cukup lihat saja fotonya.

Mesin Road Glide dicor dengan matal chrome. Sirip-sirip silindernya mengilap. Pada dua tipe ini suspensi menggunakan tekanan udara yang kamu bisa setel empuk dan  tingginya. Sistem pengereman ABS.  Panel istrumennya juga sudah elektronik dengan menggunakan layar sentuh. Ya kolo lagi mengendara bisa bbm, lah, huss. Trisya

BACA JUGA

Motor Baru 2014, Kawasaki VN900 Classic Special, Tenaganya Tradisional, Harganya ‘Murah’

Motor Baru 2014; Peremajaan Yamaha Vixion Agustus Ini, Pasti Macho, Man..!

 

BAGIKAN