nhk

Motor Baru 2014: Mesin Injeksi Honda Bakal Dilengkapi Turbo

 

 

ManiakMotor – Ini bukan turunan botak bro. Asli, Honda akan mengembangkan turbo alias supercharged pada moge jualannya. Tentu turbo yang tetap memanfaatkan gas buang untuk mendorong turbinnya dimasukan kembali lewat intake. Namun sesuai versi motor yang diriset untuk irit-iritan bahan bakar yang bertenaga!

Mesin Honda ini akan dipamerkan di EICMA 2014 bulan November tahun ini. Kabarnya sih, menggunakan mesin Honda VFR1200 untuk menguji coba komponen turbo tersebut. Honda ngoprek konfigurasi mesin V4 itu jadi V-Twin yang memungkinkan untuk penggunaan turbo.

Honda juga bereksperimen dengan memodifikasi mesin 4 silinder inline. Konstruksi silindernya agak miring ke belakang. Tujuannya, intake untuk isap dan dan porting knalpot bisa dibikin dekat, agar komponen turbo lebih simpel terpasang. Nggak makan tempat, gitu loh.

Seperti yang dikatakan tadi, alasan Honda pakai turbo yaitu karena keunggulannya menekan konsumsi BBM. Juga punya kelebihan menekan  emisi CO2. Mesin ramah lingkungan memang jadi fokus besar di industri otomotif saat ini, terutama di Eropa. Trisya

BACA JUGA

Motor Baru 2014: Suzuki Inazuma 250 Full Fairing, Tandingan R25 Dan Ninja 250?

Motor Baru 2014: Honda CB300F, Regenerasi Honda Tiger, Harga Rp 46 Jutaan

Motor Baru 2014: Honda Hornet 800, Muncul Akhir Tahun, Tandingan Line-Up 800 cc

Triumph Bakal Merilis 12 Model Baru 2014 Di Indonesia

BAGIKAN