nhk

Motor Baru 2014; Terobosan Teknologi Fungsional

 

Maniak Motor – Slipper clutch teknologi yang bisa saja dipakai pada motor jualan di Indonesia untuk 2014. Teknologi ini tak terlalu mahal. Contoh harga eceran atau aftermarket untuk Kawasasaki Ninja 250, tak lebih dari Rp 2.5 juta. “Diseragamkan pada motor harian, ya jatuhnya murah untuk ukuran produsen yang partai besar,” jelas Henry Suwandy dari Kawasaki Greentech Riau yang menjual alat ini.

Itu salah satu contoh teknologi yang fungsional bisa dipakai pada motor baru 2014, bukan hanya Ninja. Ini alat untuk moge sudah wajib. Fungsinya untuk ritme mengendara tetap stabil saat melakukan oper gigi dari tinggi ke rendah. Ia bisa menetralkan antara putaran roda belakang yang tiba-tiba melambat dan kompresi pada mesin. Nyaman gitu loh, ya aman juga.

Slipper clutch bisa jadi standar komponen seperti moge.  Kira-kira sama dengan dua tahun ini dipopulerkan oleh Yamaha seperti diasil cylinder & forged  piston. Dua metal yang saling bersentuhan tersebut, ternyata memang hermat bensin, hemat onderdil, dan tenaga meningkat. Mutu silinder ini bersamaan dengan booming injeksi yang kini sudah hal biasa.  Kalau belum injeksi, silakan diinjeksikan, sudah tuntutan pasar. Lalu ditambah teknologi bawaan lain.

Menurut Eko Prabowo Eko, GM Marketing Communication & Community Development PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, katanya setiap ada pengembangan tipe, selalu ada terobosan. Paling utama dari pengambangan sebelumnya dari analisa lapangan. “Teknologi harus selalu diupdate mengikuti trend yang bisa dipakai pada motor produksi Yamaha,” jelas  Eko sembari bilang untuk motor baru 2014 pastilah ada terobosan dan disuruh tunggu saja.

Misalnya lampu LED, rem parkir (brake lock) juga masih dari Yamaha. Hii bro, mungkin hanya pemanis belum masuk wilayah fungsional. Sedang Honda dengan combi brake system (CBS) pada matiknya, satu tuas bisa pakai rem depan belakang.  Juga ISS (idling stop sytem) yang dipandu electronic control unit (ECU) agar tidak ‘buang-buang’ bensin. Kawasaki pada Ninjanya memperkenalkan ABS, walau teknologi lama, tapi bisa dirasakan di New Ninja 250 di Indonesia. Dan masih banyak lagi.

Apakah pada motor-motor berlabel 2014, ada lagi? “Pasti, perkembangan teknologi selalu hadir sekecil apa pun untuk fungsional. Terutama efesiensi dan keamanan mengendara,” jelas Agustinus Indraputra, Ggeneral Manager Marketing Planning and Analysis Division PT Astra Honda Motor.  

Tuntan pasar sudah pada kontrol traksi, hehe. Ya, siapa tahu. Ingat, teknologi itu dipandu ECU yang rata-rata telah digunakan motor jualan umum pada teknologi injeksinya. Bebek juga bisa menggunakannya, apalagi pada New Vixion dan CB150R. Lebih lagi pada Ninja 250 dan CBR250. Ghalib  

BACA JUGA

Motor Baru Yamaha 2014; 22 November 2013 Diluncurkan

Vespa Primavera 2014, Sudah Dijual Di Vietnam!

Motor Baru Suzuki 2014; Kebanyakan Sih Moge

Honda Little Cub 55 Anniversary Edition: Nostalgia, Ya Pasti Zaman Dulu

 

 

 

 

BAGIKAN