nhk

Motor Baru Honda 2014; Honda New Mega Pro PGM-Fi (Injeksi), Tunggu..!

 

 

ManiakMotor – Ceritanya Honda New Mega Pro 150 cc SOHC hanya ganti injeksi, katanya sebentar lagi diluncurkan. Sampeyan ganti spuyer di karbu saja, akan berubah pada kinerja mesin. Macam mana bila karbunya diganti injeksi? Sepintas memang hanya tukar semprotan bensin konvensional ke elektronik. Tapi percayalah, banyak yang berubah terhadap performa di sana.  

Semua juga tahu, injeksi untuk memperbaiki akurasi suplai BBM terhadap mesin. Dengan injeksi, BBM yang naik terus harganya tidak akan berlebihan dan kekurangan. Pas, coy. Memang seperti itu harapan PT Astra Honda Motor menginjeksikan seluruh jualan mereka. Dan seperti itu jawaban jajaran marketing sampai teknisi AHM. Paling yang menyesuaikan waktu (timing) pengapian dan kem atau noken as.

Apalagi Mega Pro ini sejak awal identik dengan motor pencari duit, motor serba bisa. Ramai dibeli pak guru ke sekolah, pak ustad berdakwah, pak pendeta berkhotbah, pak tukang sayur dan pak tukang beras. Dan memang seperti itu segmennya. Lha wong, di depan kantor maniakmotor.com tuh motor seliweran yang fungsinya seperti disebut di atas.

Melebar sedikit sgemeennya dinaiki anak muda masa kini di kota-kota besar di Indonesia, mereka punya  potensi jutawan yang ganteng rupawan. Karena motor ini ‘sederhana’ namun punya turunan grafis yang menawan. Cocok untuk menggaet perawan, hehe. Seba, nantinya dengan PGM-Fi akan lebih jantan, laki abis, hehe.

Konsumen di atas memang dimudahkan kuda besi sport adalan AHM di line-up 150 cc dengangan spesifikasinya. ‘Spek’ ini dipertahankan seperti diameter silinder 57.3 mm dan langkah piston 57.9 mm.  Memang hasilnya square atau angka bore x stroke yang sama, tapi para insinyur Honda bisa memunculkan tenaga idealnya di putaran bawah. Hasilnya mudah dipecut segmen di atas, tadi. Torsi idealnya saja sudah ada 6.500 rpm. Lebih lengkapnya silakan lihat spesifikasi Mega-Pro lama di bawah. 

Data-data mesin ini akan efisien dengan injeksi. Tenaga efisien karena pengiriman dan pembakaran yang efesien yang nantinya dikendalikan ECU atau elektronik corntrol unit. Ujung-ujungnya hemat bahan bakar dan komponen. Pasti seperti itulah. Bahkan diduga New Mega Pro PGM-Fi sudah ada foto samar-samarnya di dunia maya. Fotonya masih buram bro, bikin sakit mata. MM

BACA JUGA

New Honda MegaPro Injeksi 2014; Teknologi PGM-FI Harga Rp 20.4 Juta

New Honda Revo 110 Fi 2014; Jelas Lebih Hemat, Kan Injeksi. Harga Rp 12 – 13 Jutaan!

Honda Revo Injeksi 2014, Otomatis Juga Blade Injeksi, Dong..!

Yamaha Cuxi 115 2014, Baru Rilis di Taiwan, Mantap Dah

Yamaha New Eagle Eye GT125; Diluncurkan Langsung Goyang Pasar

 

  SPEKSIFIKASI NEW MEGA PRO


 

Tipe mesin

:

4 langkah OHC

Sistem pendinginan

:

Pendinginan udara

Diameter x langkah

:

57,3 x 57,8 mm

Kapasitas

:

149,2 cc

Perbandingan kompresi

:

9,5:1

Daya maksimum

:

13,7 PS / 8.500 rpm

Torsi maksimum

:

1,31 kgf.m / 6.500 rpm

Kopling

:

Manual, Multiplate Wet Clucth

Starter

:

Pedal & starter elektrik

Busi

:

NGK CPR8EA-9 / NGK CPR9EA-9

BAGIKAN