nhk

Motor Baru Kawasaki 2014; Ninja 250 Satu Silinder, Torsi 21 Nm Dan Tenaga Bisa 30 Dk

ManiakMotor – Nih yang paling benar kabar-kabari Kawasaki Ninja 250 yang satu silinder. Ia akan menggunakan basis mesin Kawasaki D-Tracker 250 yang memang ampuh di aspal dan tanah. Hanya saja nongol dengan dual injector pada sistem suplai bahan bakarnya. Juga wajahnya muncul dengan keluarga Ninja yang sport jalanan.

Kawasaki di Jepang sana akan mengejar tenaga 30 dk ke atas dengan injeksi yang katanya direkayasa khusus buat jalan raya. “Tenaganya aje gile dah, saya sudah lihat simulasinya. Mesin tetap D-Tracker, hanya injeksi dan  girboks yang dipermak ke aspal,” kata si sumber dari dalam Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Mesin DOHC D-Tracker dengan basis garuk tanah dan supermoto, ya cocoklah dengan stop and go ke jalan raya yang lalu lintasnya padat. Sebelumnya, momen puntir indealnya 21 Nm lumayan didapat pada putaran rendah atau 7.000 rpm khas off-road. Tenaga full-nya 24 dk atau 18 kw pada 9.000 rpm. Wajarlah diklaim akan ada peningkatan dengan fuel injection yang dibantu dua semprotan bahan bakar sekaligus.

Yang paling utama lagi cita-cita Kawasaki untuk menjual motor yang lebih langsing dari Ninja 250 dua silinder di Indonesia. Sebab, wacana ini sudah didengungkan tepatnya satu tahun lalu. Dimensi mesin D-Tracker jauh lebih ramping dari dua slinder dan hasilnya rangka dudukan (down tube) atau penopangnya juga kurus. Pastilah diikuti bodi pembungkusnya juga akan jadi slim.

“Ninja 250 satu silinder ini cita-cita lama untuk motor yang mudah di jalan macet, masuk gang dan sebagainya untuk kebutuhan kota sehari-hari,” jelas si sumber sambil menjelaskan ketersedian aftermarket untuk menyuntik tenaga lebih banyak dari Ninja 250 dua silinder. Ia juga bilang, motor ini untuk memagari permainan harga di Rp 30-an juta di line up 250, sekaligus komversi Ninja 150 bila sewaktu-waktu produksinya dihentikan.

Sekali lagi, apa kata si sumber tunggu saja kebenarannya. Eh ngomong-ngomong mesin D-Tracker dan KLX250 sama saja tuh. MM

BACA JUGA

Komponen Yamaha R25 Mulai Diracik Di Cina, Hadangan Harga Ninja 250 Satu Silinder

Kawasaki Ninja 250 Satu Silinder; Ada Fotonya! Lahir Karena ‘Dipukuli’ Honda CBR250 Di Sentul

Kawasaki Ninja 250 Satu Silinder, Sportbike Ramping Nan Gesit. Nih Bocoran Benar..!

Tampang Asli Yamaha R25, Baru Tebakan..!

Honda Revo Injeksi 2014, Otomatis Juga Blade Injeksi, Dong..!

Motor Baru Honda 2014: Semua Jadi Injeksi, Semoga Honda Tiger Duluan..!

Spesifikasi Mesin D-Tracker
4-stroke, DOHC
Diameter x Stroke
72×61, 2mm
Number & Fill Cylinder
1 cylinder 249cc
Compression Comparisons
11:1
Maximum Power
18.0 (KW) /9000rpm
Maximum torque
21Nm/7000rpm
Carburettor Keihin F001

Starter System
Electric Starter
Total Transmission
6-speed, return shift



BAGIKAN