nhk

Motor Baru: Yamaha YZF-R250 Atau R4, Importir Umum Tahu Duluan

 

ManiakMotor – Yamaha YZF-R250 nantinya jadi andalan Yamaha Indonesia di teknologi DOHC dua silinder, telah nongol di majalah Young Machine terbitan Jepang. Okelah, tapi yang lebih tepat bertanya pada Importir Umun Indonesia (IUI). Mereka yang lebih tahu perderan motor dunia yang bisa disukai di Indonesia. R250 mereka sebut lahan basah karena sudah heboh di mana-mana.

“Asal R250 sudah dijual, kami sanggup memasukan unit tersebut,” ujar salah satu IUI yang tidak mau disebut namanya, saking banyak utangnya pada pajak. Seperti yang lalu-lalu, motor baru di launching satu bulan di luar negeri, eh, di ibu kota sudah ada yang pake. Tentu beli dari  IUI. Pebisnis motor impor ini tidak pandang merek, “Ada pesanan akan dipenuhi. Kami yang tahun duluan motor tersebut,” kata IUI yang markasnya di bilangan Jakarta Barat.

IUI peka terhadap model-model baru yang keluar di luar negeri, bahkan lebih jauh mereka sudah tahu duluan.  Hehe, kalau cuma informasi motor baru luar negeri sih, mereka melek brosist, yakin deh. Mereka punya jaringannya kuat dan ada di mana-mana.

{Flash=images/IklanYamaha/yamahapromo.swf|width=500|height=160}

Pasar mereka bisa raba kok. Mereka rata-rata pemain dari zaman baheula, pernah mengimpor Honda NSR150SP Hornet versi Thailand yang booming lebih dari sepuluh tahun lalu. Bahkan membayangi penjualan NSR150R versi indonesia, padahal harganya jauh lebih mahal versi Thailand.  “Saya pastikan R250 itu belum ada. Tapi mungkin sebentar lagi ada di Jepang dan sebentar lagi nongol di Jakarta,” jelas si IUI.

Beda dengan pabrikan yang hitunganya panjang-lebar. Misalnya harga jual yang bersaing, ketersediaan spare part dan sebagainya. Maka ketika ditanya rumor tersebut, Eko Prabowo berkomentar, “YZF R250 tidak tahun ini, mungkin tahun depan. Line prodiksinya pun belum disiapkan,” kata lelaki berkacamata yang menjabat  General Manager Marketing Communication & Community Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Meskipun spesifikasi detailnya masih rumor, majalah Young Machine menyebut YZF R250 memiliki power lebih dari 34 dk. Ya memang begitu untuk ukuran 250 cc. Lampu utamanya sipit macam lampu sein Yamaha Jupiter Z1. Soal harga jual di Jepang diprediksi bermain di angka USD 5.000 atau sekitar Rp 50 jutaan kurs Indonesia.

Ini sudah jauh hari terbaca oleh pemain motor impor, “Nafsu ingin pakai yang versi Jepang, siapkan saja dananya, tidak lama setelah di launching, motor tersebut akan dikirim kerumah sampeyan. Apalagi jika Thailand sudah produksi, saya akan berani menyetok unit, karena harga akan lebih murah dari  Jepang,” tutup sang IUI dengan nada sumringah.

Jangan sampai cerita NSR150SP Hornet terulang lagi nih. Adit

BACA JUGA

Yamaha R25 Dijual Juli, Agustus, Atau September 2014???

Yamaha YZF R-250 R4; Terobosan Yamaha Mesin DOHC Di Indonesia

New Kawasaki Estrella 250, 2014 Masuk Indonesia, Fotonya Asli..!

Suzuki New GSX-R750 2014 Spesial Edition Yoshimura, Mantap Tuh Kenalpot

Motor Listrik TDR Sudah Dijual, Harga Rp 150 Juta

BAGIKAN