nhk

Motor Bebek Milik Si Sprinter 100 Meter Dunia Lalu Muhammad Zohri Pun Sangat Butut..!

Foto istimewa: Astrea dan Zohri

ManiakMotor – Saat renovasi rumah Lalu Muhammad Zohri, di Lombok Utara, NTT, ada terpakir Astera Grand. Kondisinya memprihatinkan. Cover atau plastik-platisknya entah ke mana. Aki juga sudah copot dari dudukannya, pasti dalam keadaan mati dengan pengapian Astrea yang DC. Filter udara pun sudah raib. Ban yang terpasang depan-belakang sudah nggak layak pakai. Tapi itulah harta Zohri dari hasil prestasinya antar dearah dalam lari sprint 100 meter.

Aslinya motornya begini

Nama Zohri ini melesat lantaran viral soal prestasinya mengharumkan nama bangsa di kejuaraan dunia atlet U-20 atau usia di bawah 20 tahun di Tempere, Finlandia, beberapa waktu lalu. Dia mampu tercepat dari dominasi sprinter-sprinter bibit dunia macam Amerika, Jamaika dan sebagainya. Seperti ini video saat Zohri juara.

Maka terkuak juga kehidupan sehari-hari Zohri yang sangat prihatin. Rumahnya pun sudah rewot. Digali dari berbagai sumber, Astrea Grand Zohri ini dipasarkan antara 1991-97. Ini motor memang tenar di daerah, terutama buat para pengewai negeri yang bisa dikredit. Ini generasi sebelum Black Astrea yang bintang iklannya si Mandra itu. Motor ini ditebus Zohri Rp 1 juta dari temannya. Memang segitu pasarannya, apalagi kalau suratnya bodong.

Melihat dari foto, setelah digunakan Zohri dan teronggok, agak berat buat Zohri membangunnya kembali. Itu sebelum dia dapat sumbangan dan hadiah atas prestasinya. Kalau sekarang Zohri boleh beli R25 atau Ninja 250 juga sanggup. Selain prestasi kerja kerasnya di tengah kemiskinan, sumbangan juga berdatangan.

Foto istinewa. Rumah Zohri

Ditaksir untuk sekadar jalan saja dalam kondisi seperti di foto itu, minimum butuh dana Rp 1.5 juta. Kalau mau lengkap sekitar Rp 3.5 juta.  “Jangankan beli peralatan untuk motor atau beli motor baru, Zohri beli sepatu saja tidak mampu,” ujar Muadz, teman Zohri seperti dikutip dari Republika.co.id.

Tapi salut buat Zohri. Di tengah kesengsaraan dia sebagai yatim piatu, mampu berprestasi. Kata orang bijak, proses tak akan membohongi hasil. Sekali lagi maaf, foto yang beredar seperti dimuat ini juga meragukan, karena latar belakang rumah Zohri lebih rewot. Mungkin latar belakangnya rumah tetangga, karena rumahnya Zohri diapit rumah lumayan. ManiakMotor

BACA JUGA

Galang Hendra (Balap Motor) Vs Lalu Zohri (Atletik), Pengibar Merah Putih Di Dunia..!