nhk

Motor Legenda Inggris BSA Hidup Kembali, Pininfarina Bantu Desain

BSA, Mahindra, India, Inggris, 2019
Salah satu model populer BSA

Maniakmotor – Sampai era 1970-an, di Indonesia cukup banyak moge-moge asal Eropa. Salah satunya, BSA asal Inggris. Nah, produsen sepeda motor asal India Mahindra berencana menghidupkan kembali dan awal tahun ini telah membeli sahamnya. Ini bukan yang pertama, sebelumnya mereka sudah mengakuisisi Peugeot Motorcycles.

Di samping BSA, Mahindra terlebih dulu juga sudah mengakuisisi dengan perjanjian lisensi untuk merek Jawa. Jadi, ke depan, Mahindra dapat menggunakan kedua merek tersebut guna memasarkan produk-produk baru dan memperluas portofolio roda dua secara global.

BSA, Mahindra, India, Inggris, Italia
Ini model-model lawas BSA. Rumah desain Pininfarina ikut bantu

Untuk BSA sendiri, debut globalnya ditargetkan pada 2019. Berbagai model sudah masuk dalam program dengan menggendong mesin berkapasitas antara 500 sampai 750 cc. Kemungkinan akan dipakai mesin satu silinder. Dan di antara beberapa model, satu di antaranya yang lagi tren saat ini Cafe Racer.

“Kami ingin membawa kembali aura BSA, sekaligus komitmen terbuka untuk mempertahankan kesan legenda motor klasik BSA. Nantinya akan diolah untuk menggapai segmen premium,” Rajesh Jejurikar, Presiden dan CEO dari Mahindra Dua Roda.

Urusan produksi, Mahindra punya dua lokasi pabrik. Satu di India, tentu untuk mememuhi pasar Asia dan sekitarnya. Satu lagi berlokasi di Perancis. Menurut Rajesh, perusahaan sudah mulai bekerja dari segi desain yang dibantu divisi balap berbasis di Italia. Termasuk rumah desain legendaris Pininfarina ikut memberi kontribusi. MM

BAGIKAN