nhk

Motor Listrik Di Jakarta Motorcycle Show, Ini Baru Canggih

ManiakMotor – Bukan produsen motor Jepang atau Eropa yang terkenal yang memajang motor listrik canggih penuh harapan di Jakarta Motorcycle Show 2012 (JMS). Malah Mitra 2000 yang lebih  dikenal TDR. Penampilan motor ini memang ditunggu-tunggu para pengunjung JMS di Jakarta Convention Center yang berlangsung sejak 31 Oktober sampai 4 November 2012.

Saat kain hitam dibuka, tercenganglah para  pengunjung. Ternyata di baliknya tersimpan sebuah sepeda motor listrik. Mereknya ZERO, namun beberapa stiker merek dagang dari grup Mitra2000 seperti TDR, YSS dan Comet menempel mencolok pada motor berkelir hitam doff ini.

Tampangnya sport abis, namun tidak terlihat mesin menggantung pada rangka deltabox-nya, hanya ada plastik hitam yang menutupi bagian dalam dari rangka, “Yang menggantung di rangkanya adalah batre, sedang motor penggeraknya ada di poros lengan ayun,” ungkap Benny Rachmawan, selaku kepala Research & Development Mitra2000.

Ditanya lebih jauh mengenai speknya Benny hanya terseyum penuh misteri, “ZERO itu memang sudah ada di pasaran Amerika dan Eropa, bahkan ada tipe trailnya. Kami berkoalisi dengan ZERO yang bermarkas di Santa Cruz, California, AS. Ini baru contoh produknya saja, tampilan aslinya mungkin tidak persis seperti ini, rencananya tahun depan akan beredar di Indonesia,” yakin Benny.

Maniakmotor.com membaca kemampuannya dari penggerak akhir atau final gear. Lingkaran penggulung belt belakang atau sproket di motor biasa, diameternya lebih dari separuh roda yang 17 inci. Berarti putaran dinamo penggeraknya sangat tinggi.

Maklum, dinamo listrik selalu lebih tinggi dari motor bakar. Dengan diameter begitu, berlari 200 km/jam butuh putaran jauh dari motor biasa. Ingat ya, itu dinamo listrik hanya ada gulungan (koil) penghantar dan magnet, beda dengan motor bakar harus ada kruk-as dan piston.

ZERO ini aslinya dijual sekitar Rp 200 juta sanggup melaju menempuh 230 km saat kondisi batre penuh. Dari kosong sampai full menghabiskan waktu 1,5 jam untuk mengisi strumnya dengan listrik rumah. Kemampuan berlarinya tidak main-main, kecepatan 150 km/jam pernah ditempuh salah seorang pegawai Mitra2000 saat melakukan tes Jakarta-Bandung, “Terbukti tidak ada masalah,” tutup Benny.

Wah, canggih dong.  adit

BERITA TERKAIT

Launching Suzuki Let’s, Original And New Design

Honda CB150R StreetFire 2013, Memang Rangkanya Teralis..!

Yamaha New Vixion 2013, Tetap Oke..!

Modifikasi Honda CB150R StreetFire 2013 (Honda Teralis)

Modifikasi Yamaha New Vixion 2013

Cewek, Perempuan, Gadis, Wanita Jakarta Motorcycle Show 2012, Suit-Suiiiit..!

NHK Godzilla, Dites Di Terowongan Angin

BAGIKAN