nhk

Motor Listrik Yamaha, Sebentar Lagi, Bisa Dikorek Harian

 

ManiakMotor – Sudah berani dikonsepkan, ya sebentar lagi jadi massal. Apalagi yang bikin konsep adalah prisipal Yamaha di Jepang seperti motor listrik mereka. Bahkan yang butuh tenaga dan torsi besar seperti trail untuk motocross, sudah jadi  konsep. Itu sama dengan prototipe, ada barangnya tapi belum untuk umum.

Berarti telah siap dengan speed control (SC) atau otak yang memerintah motor (dinamo) penggeraknya untuk diproduksi massal ke depan. Maklum, SC ini bila di mesin bakar adalah ECU-nya. Kualitas performa tenaga berada di sini. Selain dinamo, SC penentu reaksi torsi ssesuai putaran gas da irit tidaknya baterai. Kalau Yamaha sih menyebutnya Yamaha Smart Power Module. Setrum sebelum dialirkan ke dinamo harus diolah dulu oleh SC.  

Yang ada fotonya ini trail berkode Yamaha PED1 dan matik, yang modelnya seperti Fino atau Vino disebut  Evino. Kedua motor ini akan dipamerkan di Tokyo Motor Show, tentu saja di Jepang sana. Pameran akbar ini akan mulai berlangsung 22 Novemer 2013. Ada lagi sih satunya, untuk trail anak-anak.

Tetapi yang paling menarik trail tadi buat garuk tanah. Katanya sih motor atau dinamonya mengandalkan tioe brushless yang terkenal irit. Model brushless adalah gulungan pengalir listriknya berada di badan dinamo, bukan pada rotornya.

Nah kalau mau kencang-kencangan untuk korek harian sampai balap, tinggal atur gulangan tembaga dinamonya. Semakin pendek dan kecil jumlah lilitannya, kian tinggi ampere dinoma. Ampere sama saja dengan torsi bila di mesin bakar. Rpm juga akan naik. Korbannya adalah baterai, tetapi jangan khawatir baterai pada kedua motor ini dari llthium ion. Tamang kecil tapi ampere-nya besar. Pula bisa tahan lama. Ghalib

BACA JUGA

Honda CTX1300 2014; Jaminan Mutulah, Mewah..!

All New Honda CBR650F Dan CB650F 2014, Kembar Tapi Tak Sama

Matic Peugeot Django, Bukan Tunggangan Koboi

Yamaha MT-07 dan MT-09 Street Rally 2014; Mantap Dua-Duanya

 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353