nhk

Motor Listrik Zero Diklaim Setera HD 1.200 cc, Harus Pakai Sokbreker Ohlins

ManiakMotor – Ini motor listrik yang menggunakan baterai lithium. Kekuatan torsinya dan tenaganya diklaim seeperti  Harley-Davidson Sportster 1200. Waw… makanya kaki-kakinya wajib yang bermutu. Maka dipililah Ohlins pada depan dan belakang.

Tuh Ohlin depan. Mantap khas kuningnya

Motor ini dinamai Grom Zero yang lahir dari ruang R&D di Zero HQ di Scotts Valley, California, Amerika. Ini perusahaan yang sudah membombardir pasar dengan motor listriknya yang telah bekerjasama dengan Honda, “Kalau diandaikan pada motor bakar pakai besin, Zero ini menggunakan mesin berdiri,” sebut Cole Mishler yang merancang motor seperti model pesawat siluman ini.

Ohlin belakang ada tabungnya

Katanya motor ini dikerjakan setelah lepas jam kerja, lantaran dirangkai dengan konvensional. Maksudnya, bukan program motor dari Zero untuk dipasarkan, tapi karya lain sebagai prototipe. Dikerjakan sejak 2017 yang desainnya mirip-mirip dengan Honda MSX125. Mungkin mininya! Tapi tenaganya, ya itu tadi.

Karena itu kenyamanan juga sangat diperhitungkan. Dipilih sokbreker depan dan belakang dari Ohlins. Tahu sendiri, suspensi dari Swedia yang juga sudah lengkap berada di Ohlin Indonesia. Suspensi jaminan mutu pak. “Suspensi Ohlins sudah diperhitungkan dengan down tube dan rangka lainnya,” tambah Mishler.

Begini dimensinya

Garpu atau fork alias sobreker teleskopik depan model up-side down. Makanya penampilan depannya jadi sangat mantap. Laki bangat motornya. Diamater tabuk sokbreker 31 mm. Katanya, sokbreker tersebut punya penyetelan rebound dan kompresi yang langsung pada tabungnya. Sokbreker ini kira-kira sama dengan yang digunakan Kawasaki KSR.

Belakang juga Ohlins bro. Yang ini lengkap menggunakan reservoir tabung pengatur peredaman saat sokbreker memendek (kompresi). Kelembutan saat tertekan bisa disetel dari situ. Sedang saat memanjang atau rebound, ada juga. Tinggal disetel disesuaikan dengan bobot pengendara dan jalan yang dilewati. MM

 

 

 

 

BAGIKAN