nhk

MotorPrix 2014 Tasikmalaya; Agus Setiawan Melejit Di QTT MP1

 

 

ManiakMotor – Sudah bisa ditebak sepak terjang Agus Setiawan di sirkuit Bukit Peusar, Tasikmalaya, Jabar. Dengan performa Jupiter Z motor yang lagi sehat-sehatnya dan jurus-0jurus membalap Agus yang makin matang, ia dengan mudah tercepat saat QTT MP1 atau Bebek 125 Seeded, Sabtu  31 Mei-1 Juni 2014.

Ditambah lagi, joki yang memperkuat Yamaha Yamalube RPM NHK FDR AHRS SSS Creampie tersebut, mentalnya sedang tersusun bagus. Sama bagusnya saat dia melapal sikuit Peusar dari sudut ke sudut. Pokoknya enak dilihat ia memainkan bebek tunggangannya.

Katanya, saat dinamis di Peusar mesin motornya bisa dikembangkan sampai 13.900 rpm. Agus hanya berusaha mengimbangi distribusi bobot khas sirkuit turun-naik. “Setingan mesin banyak mengantisipasi sirkuit turun-naik dan rolling speed,” beber Agus yang asli Solo, Jateng itu.

Dibanding MP seri sebelumnya di Malang, Jatim, Jupiter Z Agus pakai kompresi lebih tinggi untuk ukuran disiram Pertamax Plus. Sekarang perbandingannya 12,5:1yang sebelumnya 12,3:1. Itu semata untuk antisipasi menanjak. “Karena sirkuit seperti ini sebenarnya lebih butuh torsi, ketimbang power,” jelas Merit yang mengorek motor Agus.

Maksudnya, torsi ideal harus didapat segara untuk memancing tarik-tarik motor menuju tanjakan. Apalagi bila tanjakannya pas keluar tikungan, itu butuh torsi cepat dibanding tenaga yang besar yang cederung dikail pada rpm tinggi.  Trisya

BACA JUGA

MotorPrix 2014 Seri 4 Tasikmalaya; ‘Hanya’ 179 Starter, Kebanyakan Seeded

MotoPrix 2014 Jelang Tasikmalaya: Agus Setiawan VS Sulung Giwa

MotoPrix 2014 Jelang Tasikmalaya; Di Sirkuit Peusar, Nggak Jumping Lagi..!

BAGIKAN