nhk

MotorPrix 2014 Tasikmalaya: Honda Balde Dapat QTT MP2 Dari Willy Hammer

ManiakMotor – Tau Willy Hammer kan? Nah dia pembalap Indonesia yang ikut Asia Telent Cup, namun tetap aktif di MotoPrix Region Jawa. Hammer memperkuat Astra Motor Racing Team Yogyakarta. Barusan Willy tercepat di QTT MP1 atau Bebek 110 cc Seeded di sirkuit  Bukit Peusar, Tasik, Jabar 31 Mei 2014 dalam rangka ronde 4 MP Jawa.  

Karena itu pasukan Astra Motor sumringah. Betapa tidak, di MP mereka dikepung Yamaha. Tapi Willy asal Pinrang (Sulsel) ini dengan percaya diri dan tenang mengeksekusi time 53.890 detik. Itu meninggalkan Rheza Danica, Agus Setiawan, Syahrul Amin dan Ervantona yang semuanya pakai garputala.

“Time sekarang lebih bagus dari tahun lalu (54 detik), perjuangan ini belum selesai besok saya akan main lebih lepas lagi,” ucap Willy yang mantan pemain motocross dan masih rajin melatih fisiknya di garuk tanah. Maka gaya membalapnya pas dengan Peusar yang turun-naik yang disusul tikungan-tikungan teknikal.

Untuk gaya Willy ini, Blade mengalami konstruksi ulang pada ergonomiknya, terutama bermain di Peusar. Posisi jok pada bagian depannya dibuat lebih pendek, tapi setang setir dibikin tiggi. Itu membuat posisi Willy lebih mudah bermanuver. “Dengan ergonomik seperti ini, sokbreker harus lebih cepat reboundnya, agar pas dengan tekukan setang stir,” kata Willy.

Mitayantho yang akrab disapa Antho Fastech, mekanik Astra Racing Jogja, bilang, di Tasik juga harus dominan memainkan torsi mesin. “Bentuk sirkuit seperti ini putaran bawah yang harus maksimal makanya torsi diutamakan cepat sejak awal. Terutama dibutuhkan keluar tikungan langsung tanjakan,” ujar Antho dengan yakin seyakin-yakinnya tanpa menjelaskan dari mana dia dapat torsi tersebut.

Ya tentu torsinya bukan didapat dari pinggir sirkuit. Atau wartawannya yang lupa bertanya, hehe. Trisya

BACA JUGA

Hasil MotoPrix Tasikmalaya, Jabar 31 Mei – 1 Juni 2014

MotorPrix 2014 Tasikmalaya; Agus Setiawan Melejit Di QTT MP1

MotorPrix 2014 Seri 4 Tasikmalaya; ‘Hanya’ 179 Starter, Kebanyakan Seeded

MotoPrix 2014 Jelang Tasikmalaya: Agus Setiawan VS Sulung Giwa

BAGIKAN