nhk

MPS FIF GM Grasstrack Pandeglang, Trik Menikung Dalam Dan Berm

 

 

ManiakMotor – Di sirkuit garuk tanah pada semua area adalah racing line. Suka-suka penggaruk tanahnya, mau jadi petani atau pembajak? Maksudnya mau garuk lewat paling dalam, tengah, tengah dikit atau pinggir dikit dan paling luar  (berm).  Tetapi yang ngetop sisi paling dalam (tikungan dalam) dan sisi paling luar (berm). Kecuali sudah terjadi jalur khusus yang diciptakan sendiri yang disebut rat.

Rat atau jalur buatan sendiri oleh tracker anggap saja tidak ada di sirkuit MPS Motorsport di Pandeglang, Banten. Sebab, sirkuit yang dipakai untuk kejurnas grasstrack seri pertama region Jawa ini, aslinya permanen. Tanahnya telah mengeras. Yang ada dalam event yang bertajuk MPS FIF GM Grasstrack pada  2- 3 Maret 2013 ini? “Hanya menikung dari dalam atau dari luar,” kata F. Chimon selaku pembalap tuan rumah yang memperkuat MPS Honda Banten KYT IRC Try Ink.

Chimon sudah punya modal yang cukup di sirkuit ini. Dia pasti tahu dari 18 tikungan, mana yang harus lewat dalam dan mana luar. Sayang di sirkuit yang dikuasainya dia malah menyerah. Di moto 1 modifikasi senior 2-tak dia jatuh, sama juga di moto 2 bebek modifikasd 4-tak. Cimon terlalu percaya diri. Dalam tertekan dan menekan, Chimon bisa memainkan kombinasi luar dan dalam tikungan. Dia juga tahu titik pengereman dan menidurkan motor. Toh, sesuai pengakuannya dia lebih suka bermain di luar. Ya, tetap di dalam sirkuit, brosist.

Makanya Akbar Taufan yang di region ini memang penantang Chimon membuktikan janjinya. Katanya, bila di holeshot atau menang dalam start sampai tikungan pertama, dia akan pakai berm terus. “Memang sih desain sirkuit MPS ada beberapa tikungan yang bermnya jauh dan harus l dari dalam. Ada juga yang tiga tikungan sebelum finish, jalurnya dari dalam semua,” kata Akbar yang selalu pakai gigi 3 di berm.

Dalam ilmu ajar mengajar garuk tanah, justru yang paling diperdalam adalah menikung dari dalam. Ikungan dalam harus memainkan motor dan gerak tubuh seperti penari. Belahan pantat harus tepat di pinggiran jok yang berlawanan dengan arah menikung, waktu bersamaan paha bagian dalam menekan sayap motor sesuai arah tikungan. Makanya modifikasi grasstrack banyak mengadopsi special engine (SE). Karena yang dibicarakan ini ada pada fitur-fitur jok dan bodi SE.

Belum lagi posisi badan harus pas antara pinggang dan kepala sembari mata menuju tikungan berikutnya dan tangan model. Dengan postur dasar ini, niscaya gas bisa dimainkan lebih cepat dan r motor tetap melaju.  Di ilmu lebih tingginyanya lagi di jalur ini tetap memakai hukum out-in-out. Yang sering dilupakan para tracker, mereka mengambil langsung sisi dalamnya. Ini dilakukan terus-terusan. “Di 2-tak menuntut putaran mesin tinggi, lewat sisi dalam hanya saat terpaksa,” kata Akbar, maksudnya terpaksa ambil sisi dalam jika saling bertempur dengan lawan.

Langkah mengkombinasi juga dipakai Chikal Faisal yang membela Kekar GM CLD IRC Tangerang, Bnaten. Pembalap asal Majalaya, Bandung, Jabar  yang berstatus junior ini merepotkan lawan-lawannya di kelas campuran. “Kalau lagi kencang sendiri, berm yang dipakai. Tapi sedang fight rapat tinggal lihat lawan dan harus kombinasi luar-dalam,” kata pembalap yang masih duduk di kelas 3 SMA ini.

Pelatih motocross akan menegur muridnya, bila terus-terusan bermain berm. Lho, ini motocross apa grasstrack? Ya, garuk tanah juga, pak! Adit

BERITA TERKAIT:

Hasil Kejurnas Grasstrack Pandeglang, Banten, 3 Maret 2013

Kejurnas Grasstrack Pandeglang, Aturan Kelas Bebek Seperti MotoPrix

MPS FIF GM Grasstrack Pandeglang, Sirkuit On Throttle

Jelang Kejurnas MPS GM Grasstrack Banten, Wisata Garuk Tanah!

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353