nhk

MotoGP; Lorenzo Mengeluh, M1 Lelet…

 


ManiakMotor – Kecewa, Mas! Itu bakal jawaban Jorge Lorenzo jika sampeyan bertanya hasil tes hari pertama di sirkuit Motorland Aragon, Spanyol, 4 September 2012, kemarin. Yamaha M1 edisi 2013-nya kalah telak 0,488 detik dari RC213V milik Dani Pedrosa yang telah dibenahi sejak latihan di Mugello untuk menghadapi Laguna Seca.

Tak hanya kecewa, yang bikin cemas Lorenzo di sirkuit cepat seperti Aragon, sebelumnya Yamaha sulit ditandingi. Dengan struktur hitungan geometri garputala, M1 paling ‘diam’ menikung di tempat begitu. Juga sudah dibuktikan di Silverstone dan Mugello yang juga sirkuit cepat.

Tapi di Aragon dan Brno kemarin, M1 kalah diam dan keok soal kecepatan. Pantas dia cemas. Ambisi jadi juara dunia 2012 bisa terganjal. Dalam situasi terkini, unggul 13 poin justru bikin hati dagdigdug dug…dug…dug. “Motornya Dani kelihatan ringan sekali. Mesinnya juga bagus dan cepat,” cetus Lorenzo. Entah memuji atau mengeluh, silakan sampeyan tentukan sendiri.

Kini berbalik, ia tetap belum happy dengan sasis baru yang sebelumnya dites usai GP Ceko di Sirkuit Brno dan kini di  Aragon. Seperti di Brno, sasis baru itu tidak menghasilkan apa-apa. Tak lebih baik, juga tak lebih buruk dari sasis lama.

“Sejauh ini memang begitu. Nggak ada positif maupun negatifnya. Tapi, akan terus dicoba memastikan sasis ini digunakan dalam sisa seri atau tidak,” tambahnya. “Besok dilanjutkan dengan uji mesin baru. Itu sektor terlemah, tertinggal 5 km/jam dari Dani,” tambahnya.

Meski mengaku tak gentar, sejatinya hati Lorenzo bergetar-getar tar,,, melihat performa Pedrosa saat ini. Kalah dalam dua race terakhir di Indianapolis dan Ceko, kubu Lorenzo harus cepat bebenah total. Apalagi, dalam hari pertama tes di Aragon, RC213V Pedrosa seperti terbang dan melayang.

Untung Lorenzo masih punya senjata pamungkas. Stok mesin cukup dari jatah 6 mesin untuk 2012. Ia baru kehilangan sebiji akibat dihajar Alvaro Bautista selepas start di GP Belanda. So, jadi jelas, situasi sedang terancam pada kubu Lorenzo.  Itu tentu tak lepas dari tingkatan progress yang dicapai Honda dengan RC213V yang tadinya hanya mengejar di sirkuit stop and go tapi melejit pula di sirkuit high-speed.

Seperti apa mesin baru M1? Sabar bro, jangan banyak tanya dulu. Lorenzo saja belum tahu, apalagi maniakmotor.com yang biarpun gokil tapi jelas selalu nulis dengan jujur. Andro

BERITA TERKAIT:

MotoGP; Edan Pedrosa Pecahkan Rekor Aragon

MotoGP, Pedrosa Diintai Di Sirkuit Cepat Aragon

Tes Brno, Lorenzo Masih Kuciwa M1 2013

Jelang MotoGP Ceko, Hati-Hati Lorenzo, Pedrosa Mengejar..!

Honda Juga Siapkan RC213 ‘Total Baru’

64% Angkat Tangan, Rossi Masih Bisa Juara Dunia, Sampeyan?


 

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /home/maniakmo/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353