nhk

MV Agusta Turismo Veloce 800 2014; Sangar Bin Gahar, 8 Tingkat Kontrol Traksi

ManiakMotor – Silincer tersusun tiga vertikal, sangar coy. Persimpangan kenalpotnya persis di bawah as lengan ayun. Berarti konfigarasi pipa pelepas gabungnya 3-1-3. Itu sesuai jumlah silinder MV Agusta Turismo Veloce 800. Silindernya tiga yang tersusun in-line atau segaris. Padu dengan kenalpot tersusun tiga juga.

Ciri kenalpot itu belum lepas dari MV Agusta Brutale 800 dan F3 800. Spesifikasi mesin juga serupa. Itu kenalpot susun tiga mengolah turbulensi sumber tenaga yang diklaim 123 dk pada 11.600 rpm. Beda-beda sikitlah dengan Brutale? Yang tidak sama adalah modelnya. MV Agusta Turismo Veloce 800 yang ini versi turing.

Seperti itu, yang dirilis MV Agusta pada motor mereka yang selubungnya akan dibuka di EICMA 2013. Walau turing, kenalpot itu tetap menjadi ciri desain yang mengangkat Brutale dinobatkan moge tercantik 2013. Sama dengan Volece 800 ini, ciri utamanya pada kenalpot yang nyentrik tersebut.

Tenaga 123 dk dari tiga silinder 798 cc, memang dianggap besar  yang diteruskan kenalpot sangar tadi. Tetapi telah dijamin oleh MV Agustan aman wae untuk perjalanan jauh khas turing. Pengendara tidak akan boleh mengatur tipikal tenaganya. Sebab, motor ini canggih tenan brosist. Di ECU-nya ada traksi kontrol yang bisa diatur delapan tingkat, wuih…

Walau belum dijelaskan model pilihan mengendara, bisa dideteksi dari banyaknya pilihan traksi kontrol. Itu sama dengan tesediannya karakter mesin sesuai keperluan turing. Belum lagi, bobot dua bagasi besar di belakang akan memengaruhi atau meredam reaksi tenaga bila bagasi tersebut diisi penuh. Rizki

BACA JUGA

 

BAGIKAN