nhk

MX Kuningan, Sepi Peserta Pembibitan

 Setidaknya dua crosser mengalami cedera dalam Race MX2 Novice. Rena Maulana dan Elbi Fadhillah. Rena, crosser tim BS Guvilli Primaland Racing Banten ini sekadar cedera ringan. Tapi Elbi parah. “Dia patah tulang belakang dan harus segara di CT Scan untuk mengetahui seberapa jauh cederanya,” Ujar dr. Adrian Tio, medical chief efent IRC Motocross International Championship 2012 di sirkuit Cijoho, Kuningan, Jawa Barat, Sabtu 14 April.

Elbi meringis kesakitan ketika mendapat penanganan pertama. Sang bunda pun menangis sedih melihat kondisi sang buah hati. Lho, kan risiko bu, anak sudah main mx. Itu biasa, bu. Tenang bu. Nntar sebuh juga. Elbi terlebih dulu terguling sebelum dihantam motor di belakangnya.

Seri II, juga banyak crosser unggulan absen. Belum lagi ditambah menghilangnya crosser-crosser muda di kelas 65 cc karena regulasi batasan umur. “Kelas pembibitan kan, awalnya menarik orang tua untuk menyalurkan bakat di motorcross, seperti kelas peewee 50 cc. Kini orang tua jelas mikir biaya buat naik kelas dengan aturan mendadak,” tambah Herry BK dari tim privateer Jakarta.

Kan, kan, orang IMI-nya sendiri yang bikin regulasi superketat yang gak jelas ketatnya. Pemahaman regulasi hanya dicerna separuh-separuh. “Kalau mau konsisten harusnya bertahap dan sosialisasi jelas. Itu yang lebih penting. Jangan hanya orang terdekat si petugas yang dapat aturan. Lagian soal motorcross anak-anak kan memperkenalkan. Bukan membatasi,” tambah Herry soal cerita batasan umur.  

Makin sepi aja deh. Kyai Pradah.

 

BAGIKAN