nhk

Nama-Nama Juara Nasional MotoPrix 2018, Semua Kelas Region Jawa, Dari Hasil Grand Final Surabaya

ManiakMotor – Dari status Pengprov-nya dari region Jawa. Memang semuanya pemain region II. Ada satu yang terselip di MP1 (Bebek 150 4T TU) yang bernama Wilman Hammar. Aslinya dia kelahiran Pinran, Sulsel. Tapi memperkuat Yamaha Bahtera yang bermarkas di Jawa Timur. KIS-nya Hammar dari DKI.

Juara nasional dari MP1 – MP6 semuanya dihasilkan region II. Regional masih tetap para meter balap motor, “Apalagi main di Surabaya. Sirkuit Gelora Bung Tomo sudah hapalan buat pemain region II. Belum lagi motornya, entah yang mengoreknya sampai teknologinya adanya di Jawa,” papar Robert Chong, tunner era karbu dan injeksi sekarang yang datang ke Surabaya malah jualan ban.

Apalagi sekarang yang setingan motornya elektronik yang era injeksi. Nampaknya sih  hanya utak-atik pemetaan bahan bakar dan pengapian. Sudah elektronik pula! Tapi itu juga butuh SDM (sumber daya manusia) setara layaknya mekanik menyetel akurasinya karburator.

Contoh, Air Fuel Ratio (AFR) pada satu mesin yang sudah dikorek. “Pada mesin ini akan muncul karakternya minta di AFR berapa? Yang tahu itu tentu yang biasa memapping dekat dengan mekanik yang bikin mesin. SDM seperti ini semuanya dari region II dan masih sedikit,” sebut Bima Aditya, mekanik dari Yamaha Oryza yang menjagokan Syamsul Arifin di MP1 dan MP2.

Singkatnya, SDM mekanik, kompetisi yang berjalan, sampai penataan lombanya, region II masih pioner. Maka hasilnya juara Indonesia balap motor semua kelasnya dari yang main di Jawa. Silakan lihat di bawah nama-nama pembalap yang juara nasional.

Sekali balapan, langsung ditentukan juara nasionalnya. Sistem tahun ini – karena tahun depan konon akan diganti – juara region membawa point sendiri yang sudah dikecilkan. Juara region membawa 25 point, kedua 20 point, ketiga 16 point dan seterusnya. Nantinya akan dikalkulasi dengam hasil Grand Final seperti yang terjadi di Surabaya kemarin juara dapat 25 point.

Contoh Hammar hanya kedua dapat 20 + juara region 25 = 45. Dia mengalahkan Fitriansyah Kete yang juara di Surabaya tapi dari region hanya bermodal 11 point alias ke-5 dari Region II, hasil total 36. MM

 

BAGIKAN