nhk

Nasib Lorenzo Tiga Ronde MotoGP 2019, Lengan Ayun Karbon RC213V Bikin Lepas Rantai?

ManiakMotor – Pindahnya Jorge Lorenzo ke Honda nggak semudah dibayangkan, langsung tune-in. Yang ada malah banyak masalah cidera dari dirinya dan  soal adaptasi dengan RC213V. Bahkan motor mogok seperti yang dialaminya di sirkuit Austin, Amerika saat race ronde 3 MotoGP 2019. Sial..!

Berhentinya RC213V telah dimulai dari kasus Marc Marquez di sesi latihan GP Argentina. Sedang Lorenzo mengalami dua kali di Amerika, saat kualifikasi dan lomba. Walau hal itu dibantah Lorenzo, “Ketika race saya berhenti bukan masalah rantai,” sebut Lorenzo yang start dari grid 14 dan saat berhenti berada di posisi ke-9 di lap 9.

Namun ada analisa sering loncatnya rantai RC213V dari gir lantaran lengan ayun karbon. Lengan itu untuk 2019 disegarkan dengan model baru. Analisanya, lengan ayun tersebut ‘melentur’ dalam keadaan tertentu. Akibatnya, ketegangan rantai juga berubah sehingga meleset dari simetrisnya dan lepas.

Pihak Honda sendiri lewat manajer tim Alberto Puig mengatakan, belum tahu persis yang terjadi pada motor Lorenzo, “Kami sedang menyelidikinya. Ini butuh waktu untuk memhami masalahnya,” papar Puig.

Lepas dari rantai yang memang lepas dari girnya, Lorenzo makin frustrasi. Dalam posisinya sekarang yang sedang adaptasi dengan Honda, tapi maslah tak kunjung berhenti, “Sangat mengecewakan, tiga balapan punya tiga masalah berbeda. Ini adalah nasib buruk hanya untuk sekadar menyelesaikan balapan,” tambah Lorenzo yang juga mengaku masih repot menyesuaikan dengan RC213V. 
Dalam keadaan apa pun, Lorenzo tetap punya kabar baik. Yaitu, cideranya sejak dari  Aragon 2018 dan cidera rentetan lainya sudah hampir sembuh total. “Cidera mulai pulih. Scara fisik seperti tahun-tahun sebelumnya, normal,” tutup Lorenzo. MM

 

BAGIKAN