nhk

New Honda Moove Tahailand Mesin Pintarnya Akan Dipasang Di New Beat 2015

 

ManiakMotor – Seperti tradisi yang keluar di Thailand akan muncul juga di Indonesia walau namanya beda. Di Thailand diperkenalkan New Honda Moove, matik 110 cc yang bila dibandingkan dengan mesin Honda Beat ada pengembangan. Terutama fokusnya dalam mengkorting putaran mesin untuk tenaga banyak. Dan yakin teknologinya mesin Moove akan digunakan juga pada New Honda Beat selanjutnya.

Bila begitu, rpm Beat terbaru tak perlu tinggi untuk memancing energi  matik. Kalau digas sikit motor sudah bergerak, onderdil juga awet, pengendara juga enak. Lebih efisien gitu bro dari pada mesin-mesin matik sebelumnya teriak-teriak dulu baru jalan.

Karena itu, di mesin Moove ada istilah penambahan teknologi yang disebut Enhanced Smart Power (ESP). Kalau diterjemahkan asal-asalan ada peningkatan tenaga yang pintar dari mesinnya. Hasilnya juga besin yang sedang mahal di Indonesia semoga hemat. Kalau Moove diklaim 63 km/liter.

Walau Honda Thai belum mengeluarkan seberapa besar tenaganya dan didapat pada rpm berapa, termasuk torsinya, sebenarnya bisa dibaca pada kapasitas silinder. Mesin SOHC dengan injeksi PGM-FI itu kapasitas bersihnya 108.2 cc dari bore 50 mm x stroke 55,1 mm. Sedang Beat sebelumnya 108 cc dari 50 x 55 mm.

Hanya beda 0,2 cc. Tapi perhatikan baik-baik, yang dinaikan adalah angka stroke atau torak 0,1 mm. Ya pengaruh dong pada torsi yang cepat didapat pada rpm lebih rendah. Maksudnya sama dengan mesin pintar tadi. Kamu tak perlu tekuk-tekuk lengan untuk menaikan putaran mesin, karena tenaga sudah tersedia atau lebih baik dari Beat sebelumnya yang sudah lincah dari segi tenaga.

Termasuk membacanya lewat perbandingan kompresi. Makin tinggi kompresi, mesin tak perlu nangis bombay untuk memperoleh tenaga idealnya. Kompresi dan torsi erat kaitannya. Cabut-cabutnya motor jadi bagus. Mesin Moove menggunakan perbandingan kompresi 9.5:1, sedang  Beat 9.2:1. Naik 0,3 untuk pemampatan ruang bakar sangat terasa pada reaksi mesin, bro.

Sebenarnya di Moove ada kaitannya dengan penggunaan roda lingkar 12 inci untuk torsi cepat pada rpm rendah. Solusinya ban tebal dan lebar sehingga daya gripnya ueenak. Depan pakai ban 100/90 dan belakang 110/90. Ketebalan bannya ikut membantu redaman suspensi. Buat kalian anak muda, motor sampai miring bangat saat menikung juga aman dengan tapak lebarnya. Tapi konsep ini akan dipakai Astra Honda Motor atau tidak, karena sudah terbiasa ring 14 inci.     

Selebihnya soal fitur Moove dilengkapi combi brake, Idle Stop System (ISS), starter ACG yang anti bunyi,  bagasi muat helm. Lekukan bodi silakan lihat foto. Yang jelas lampu depan LED modelnya tiga dimensi (Jet Liner). Harga sekitar Rp 18 jutaan lebih di Thailand sana. MM

BACA JUGA

Motor Baru 2014: KTM RC390 Dilepa Rp 125 Juta, RC200 Banderolnya Rp 59,5 Jeti

KTM Indonesia Lepas RC200 Bareng RC390, Racing Jalanan

Honda Perkenalkan RC213V-S, Representasi RC213V di Jalan Raya

BAGIKAN