nhk

New Honda Sonic 150R 2015: Pakai Knalpot Pro Speed Naik 2 DK

 

 

ManiakMotor – Mantap juga knalpot ProSpeed. Itu Honda Sonic 150R yang baru dilaunching 5 Agustus, tapi sudah ada data horse power-nya menggunakan knalpot tersebut. Maklum Astra Honda Motor (AHM) memilih ProSpeed untuk versi pakai knalpot racing ketika diperkenalkan pertama kali.

Pipa pelaspas gas buang ProSpeed yang digunakan tipenya Black Series. Konstruksinya tidak perlu free flow bangat  dan memang dirancang untuk harian. “Bikinnya disesuaikan dengan Sonic baru ini. Kan saya dapat 1 unit sebelum diluncurkan untuk bahan testing,” sebut Bie Hau, distributor knalpot ProSpeed di Indonesia.

Cerita penampilan dan suaranya lihat saja di foto. Singkatnya porposional dengan postur Sonic yang ayam jago. Sedang suara memang nggak bisa dilihat di foto yang ada didengarkan dan diceritakan juga bisa. Waw… suaranya ngebas lembut, ndak bikin berisik.  

Pengetesan ProSpeed Balck Series ke Honda Sonic dilakukan pada mesin dyno milik Sportisi Motor Sport. Speed shop ini berada di kawasan  Jl. Tenggiri No 4A, Rawamangun, Jakarta Timuir“Basis mesin Sonic torsinya lebih bagus. Kan silindernya berkarakter square, diameter silinder dan langkah piston sama,” tambah Bie Hau yang mengaku tak banyak kesulitan merancang dan meriset knalpot Sonic kendati waktunya cukup singkat.   

Biar fair dilarang berpatokan pada data spesifikasi pabrik New Sonic 150R. Motor ini tetap ikut di dyno dengan knalpot standar ting tring, eh ting. Di dyno pakai knalpot aslinya adalah 13,53 dk dan torsi 12.47 Nm. Sayang reporter lupa nanya pada putaran mesin berapa power dan momen puntir tersebut diperoleh.

Lantas knalpot standar dicopot dan diganti dengan ProSpeed Balck Series. Hasilnya adalah 15.56 dk atau naik 2 dk lebih. “Seperti dibilang tadi, dasar torsi Sonic sudah oke dari pabriknya, maka pakai knalpot ProSpeed bergerak ke 12.84 Nm. Saya sangat puas dengan hasil test dyno ini. Tapi lebih puas lagi karena knalpot Pro Speed dipercaya AHM untuk launching,” tutup Bie Hau. 

Oke deh, percoyo. Prat

BACA JUGA

Honda Sonic 150R: Dari Data Sih Lebih Hebat Dari FU, Harga Rp 20,9 Juta

All New Honda CB150R StreetFire 2015: Mesinnya Dipermak Habis, Yang Lama Gagal Dong

Kawasaki D-Tracker Model Terbaru 2015 Pakai Roda 17 Inci

Nih Baru Suzuki GSX-R250 Sebenarnya, Sudah Diakui

BAGIKAN