Ngide Ikuti Ducati? Honda Bikin Heboh, Justru Berujung Lepas Winglet

    Maniakmotor – Pakai tanda tanya, karena memang patut dipertanyakan desain winglet Honda RC213V yang mirip Ducati. Tapi yang kocak, karena di hari ke-3 tes resmi Sepang, Malaysia 2023 mereka justru lepas semua paket aerodinamis itu.

    Masuk akal sih, karena fisika sederhananya juga jelas. Semakin banyak winglet alias sayap di motor, maka downforce juga akan bertambah pesat. Makanya Ducati punya banyak sayap-sayapan itu, bukan buat gaya-gayaan tapi sudah diriset secara detail agar tenaga kudanya tidak buat pembalap kesulitan.

    Bahkan berdasarkan isu yang beredar, semakin canggih lagi winglet Ducati dengan kemampuan membantu pembalap untuk menikung lebih mudah. Usut punya usut, hal sebaliknya malah didapatkan Honda yang enggak bisa mendapatkan fungsi positif winglet yang banyak itu.

    Karena, emang ada juga efek negatif kebanyakan winglet yang tidak akurat. Terlalu banyak downforce, maka top speed bisa terganggu. Begitu pula kenyamanan menikung, karena bisa saja angin malah mendorong motor sehingga semakin bergoyang-goyang di tikungan.

    Ini Kalau Marc Marquez lagi pakai winglet yang mirip Ducati Desmosedicci

    Kalau masalah itu, Marc Marquez juga enggak habis pikir. Doski juga bingung, karena tiga hari ini mereka kesulitan di banyak bagian dari motor pabrikan asal Jepang itu. “Saya tidak tahu, mereka berkata kepada saya: ‘Sekarang kamu harus mencoba ini (motor tanpa winglet).’ Sebenarnya, sudah waktunya memasang ban baru. Tapi kemudian saya harus berkendara tanpa sayap (winglet),” tuturnya.

    “Saya berkata, ‘Berapa putaran yang harus saya lakukan dengannya?’ Mereka berkata hanya dua, dan akhirnya saya melakukan itu dan kemudian memberikan komentar saya tentang motor tanpa sayap tersebut,” sambung Marc Marquez.

    Pada akhirnya, memang hal-hal ekstrem yang buat heboh ini harus dilakukan Honda. Bukan untuk jadi topik pembicaraan dan masuk ke dalam headline berita. Tapi karena memang untuk saat ini mereka belum dapat motor yang terbaik untuk bersaing dengan pabrikan lain.

    Hasil di atas kertas juga berbicara sendiri kok. Buktinya doski ada di urutan ke-10 secara keseluruhan dengan pabrikan seperti Ducati dan Aprilia yang sudah dapat best time alias catatan waktu terbaik di hari terakhir mendekati hasil kualifikasi resmi di tahun 2022 lalu. Itu juga diakui Marc Marquez, yang saat ini hanya bisa berbangga dengan kondisi fisiknya.

    “Kami butuh reaksi. kita butuh lebih Kami sudah mencoba banyak di sini, tapi ini bukan motor pemenang. Sejujurnya, saya lebih senang dengan kondisi fisik saya dibandingkan dengan motor,” ujar Marc Marquez.

    Ngomongin pabrikan yang kesulitan, ternyata bukan Honda saja yang melewati tiga hari uji coba resmi ini dengan sengsara. Yamaha yang satu negara juga masih berkutat dengan motor Yamaha M1 yang telah dapat tambahan top speed. 

    Kayaknya sih, Yamaha juga masih belum bisa dibuat kenceng di tikungan dengan mesin baru yang kuat itu. Tapi itu kita bahas di artikel selanjutnya ya, hehe…Raider

    BACA JUGA

    Enggak Tahu Harus Apakan Lagi Honda RC213V, Marc Marquez: Saya Sudah Melakukan Bagian Saya