nhk

NHK Godzilla, Dites Di Terowongan Angin

 

 

ManiakMotor – Canggih juga ini helm, diuji di wind tunnel alias terowongan agin, loh.  Aliran udaranya diatur konstruksi pet yang ditata bertingkat di atas batok helm. Tidak ada cerita helm godek-godek saat motor melaju akibat turbelensi angin. Padahal bukan helm balap, ini half face alias helm untuk berkendara sehari-hari.

Keunggulan ini yang ditawarkan NHK Godzilla ketika diperkenalkan di stand PT DMI saat pembukaan  Jakarta Motorcycle Show (JMS) di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Selatan JHCC 31 Oktober 2012.

 “Ini tuntutan aerodinamika, bahwa helm bagian dari keseluruhan motor yang seirama dengan agin. Panel batok helm harus ada aliran udara seperti garis-garis keras pada petnya. Garis-garis ini sepintas seperti otot-otot  Godzilla, monster dari cerita fiksi di Jepang,” kata Johanes Cokrodiharjo selaku Direktur Marketing PT DMI yang memproduksi helm NHK dan GM.

Aerodinamika ini bukan diuji di gorong-gorong air, tapi fasilitas win tunnel yang ada di Italia sebagai mitra DMI. Mereka menghilangkan gejala model pet berat pada bagian depan saat diterpa angin. Pet atau topi Godzilla pada  dinding dalam dan luarnya ada alur atau got untuk mengalirkan angin ke batok luar helm. Lubang-lubang agin pada dudukan pet juga besar-besar atau free flow. Angin ini nantinya disambut batok utama dan dibuang ke udara bebas.  Saat topi menerpa angin dari bagian atasnya, di situ juga ada alur udara.

Sedang  angin dari depan yang menerpa wajah pngendara dimanajemen visor atau kaca helm. Yang ini bukan pakai kaca bro, kaca bahaya buat wajah bila pecah saat insiden. Ini ada dua mika, satu mika transparan  atau bening menutupi penuh bagian muka. Sedang satunya gelap untuk brkendara saat terik, hanya separuh dari yang transparan. Model mika gelap ini mirip  kacamata. Kedua visor ini melengkung sejajar batok atas, samping dan bawah. Yang bawah itu ke dagu pengendaranya.

Untuk keamanan dan kenyamanan berkendara, tali pengikat helm pada dagu penggunannya tidak akan putus sekalipun digunting, “Di dalam tali pengikat diselipkan kabel baja atau seling. Juga untuk menjaga helm tidak dicuri dengan cara dipotong saat digantung pada helmet holder,” tambah Johanes yang hobi foto itu.

Keamanan helm ini terjamin. Maklum, harganya lumayan, Rp 450 ribu. Setiap orang akan ngiler bila ditinggal atau digantung begitu saja di parkiran. Selain tali itu, helm yang tersedia dari 8 warna ini, masih dilengkapi anti theft protection. Yaitu berupa lubang di sisi kanan helm untuk memasukkan rantai atau tali baja agar tidak disikat saat ditinggal bersama motor.

Semakin bermutut barang fasilitasnya juga ditambah. Helm yang tersedia dari ukuran S sampai LL ini dilengkapi padding atau spons pengganjal batok helm dan batok sampeyan sendiri, kepala maksudnya. Spon-spon ini bisa dibongkar pasang untuk dibersihkan. adit

BERITA TERKAIT:

Helm GM Anak

Launching Helm DMI, Sodorkan Ragam Pilihan Gaul

Grand Launching NHK, GM, VOG, Max dan MIX, Kejar Pasar..!



BAGIKAN